Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Penyekatan PPKM Hari Pertama Masih Toleransi, Besok Warga Pelanggar Pulang Jalan Kaki

Timika, TabukaNews.com-  Aparat gabungan mulai Senin (12/7) malam telah mengaktifkan penjagaan dengan blokade jalan, sehubungan dengan diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di  Kabupaten Mimika. Terdapat 10 titik penyekatan yang dimulai pukul 18.00 WIT  hingga pukul 6 pagi keesokan harinya itu.

Personel gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah –BPBD- Kabupaten Mimika disebar di 8 titik pos penyekatan di dalam kota Timika. Sementara dua pos penyekatan lainnya di pinggiran Kota Timika yaitu di wilayah Kuala Kencana dan di Mapurujaya

Selaku kepala pos penjagaan di perempatan Diana, Kasubag Bin Ops Polres Mimika AKP Ahmad Dahlan didampingi Kepala BPDB Mimika Yosias Lossu kepada media di sela-sela penjagaan itu mengatakan, baru 15 menit dijaga petugas, Jalan Cenderawasih dan Budi Utomo sudah sepi, warga sudah pulang menaati jam penyekatan.

Lagi katanya, di hari pertama penyekatan PPKM berbasis mikro ini, petugas masih memberikan kelonggaran kepada warga yang melanggar ,yang masih berkendara melintas titik penyekatan itu.

Namun untuk hari-hari selanjutnya, tidak ada lagi toleransi. Petugas penyekatan akan mengambil tindakan tegas yang terukur, yakni dengan memerintahkan warga untuk putar balik haluan atau menahan sementara kendaraan milik warga dan warga bersangkutan disuruh pulang ke rumah dengan berjalan kaki. Hal ini, untuk memberikan efek jera sehingga bisa mematuhi PPKM dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Mimika.

Kepolisian Resor Mimika dan para pihak terkait lainnya juga mengklaim telah memberikan sosialisasi tentang jam penyekatan ini kepada warga masyarakat Mimika, sehingga diharapkan warga bisa patuh terhadap aturan demi kebaikan warga itu sendiri di masa pandemi Covid-19 ini.

AKP Ahmad Dahlan menambahkan selain penjagaan statis di pos-pos penyekatan, para petugas juga akan melakukan patroli di wilayah Kota Timika dan sekitarnya, untuk memastikan kegiatan aktifitas masyarakat Mimika di luar rumah sudah berhenti, patuh PPKM. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika