Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Penyandang Dana Pembelian Senjata ke KKB Intan Jaya Oknum Kontraktor

Timika, TabukaNews.com - Satgas Nemangkawi berhasil menangkap Paniel Kogoya dan Ges Gwijangge orang yang diduga menjadi penyandang dana untuk diberikan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) guna membeli senjata api.

"Benar, pada Senin (19/4), Satgas Nemangkawi menangkap Paniel Kogoya dan Ges Gwijangge sebagai penyandang dana untuk diberikan  kepada KKB Intan Jaya pimpinan Egianus kogoya guna membeli senjata dan amunisi," kata Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusi kepada wartawan di Timika, Selasa (20/4).

Dikatakan, Paniel Kogoya dan Ges Gwijangge adalah kontraktor di Kabupaten Intan Jaya. Kedua orang ini sejak tahub 2018 lalu sudah saling mengenal dan telah menbelikan senjata sebanyak empat pucuk diantaranya dua pucuk M16 dan dua pucuk SS1dengan total biaya sebesar Rp 1 miliar lebih.

"Data tersebut bersumber dari Ges Gwijangge. Sedangkan Paniel Kogoya pemasok senjata dan juga  sebagai penyandang dana," jelas M Iqbal.

Menurutnya, barang bukti berupa senjata dan amunisi tersebut bersumber dari Dwi lChandra Waropae yang saat ini berstatus tersangka di Lapas Kelas IIB Nabire.

Iqbal menagatakan Paniel Kogoya dan Ges Gwijangge sebenarnya sudah masuk dalam Dafta Pencarian Orang (DPO) terkait dengan hal tersebut. Hal itu merupakan pengembangan dari keterangan DC dan FA yang merupakan tersangka kepemilikan senjata api.

"Keterangan sementara, Paniel Kogoya dan Ges Gwijangge mengakui telah membeli senjata empat pucuk dan telah diberikan kepada KKB Nduga yang ada di Intan Jaya pimpinan Egianus Kogoya," ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, dari hasil keterangan tersangka DC, diketahui sejumlah transaksi yang dilakukan oleh Paniel Kogoya. Diantaranya pembelian senjata jenis M4 senilai Rp 300 juta.

Lalu, membeli senjata jenis M16 pada bulan Desember 2019 dengan harga Rp300 juta. Kemudian, memesan senjata seharga Rp550 juta pada awal tahun 2020. 

Saat ini, Paniel Kogoya dibawa ke Polres Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika