Main Area

pesparawi xiii
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
hari raya pekabaran injil 5 Februari 2021

Main

Pengurus Pordasi 2020 - 2023 Resmi Dilantik

Timika, TabukaNews.com  - Pengurus Kabupaten Persatuan Olahrga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Mimika periode 2020-2023 resmi terbentuk usai dilantik secara virtual pada Sabtu (23/01/2020). 

Ketua Pengprov Pordasi Papua, Agape Zacharia menyaksikan pelantikan dan menyampaikan sambutannya dari Jayapura. Sementara SK pelantikan Rumadi sebagai Ketua Pengkab Pordasi Mimika dan pengurusnya dibacakan oleh Ketua Bidang Organisasi KONI Mimika, Agus Krey.

"Olahraga berkuda ini belum familiar di Mimika dan Papua. Tugas Pengkab ini memperkenalkannya ke masyarakat," pesan Agape. 

Terbentuknya Pengkab Pordasi menambah jumlah cabang olahraga yang bernaung di bawah KONI Mimika menjadi 33. 

Agus Krey menegaskan, sudah menjadi kewajiban KONI Mimika mendukung setiap cabang olahraga agar berkembang di Kabupaten Mimika. 

Menurutnya, berkuda adalah olahraga unik dan baru di Mimika. Meski begitu, jika Pengkab Pordasi serius memasyarakatkannya, olahraga ini akan berkembang. 

"Dalam pengembangan atlet usia dini, tolong kedepankan putra daerah. Ini tanggung jawab moril kita," katanya mengingatkan. 

Di Pordasi ada empat disiplin olahraga; pacu, equastrian, polo dan horseback archery. Menurut Rumadi, yang berkembang di Mimika adalah disiplin horseback archery. 

Di disiplin horseback archery ada dua nomor on horse dan on ground. Pada nomor on ground inilah yang banyak diminati warga Mimika. Bahkan katanya, "ada delapan klub yang aktif latihan". 

Pada nomor on ground, pertandingannya dilakukan tanpa kuda. Salah satu atlet asal Mimika, kata Rumadi pernah menjuarai dua event di luar Papua pada nomor ini. 

Tapi Agape Zacharia mengingatkan, bagaimanapun, Pengkab Pordasi Mimika sebaiknya memiliki kuda untuk latihan. Setelah matang memanah di on ground, berikutnya harus berlatih memanah di on horse. 

Di Indonesia, setiap 6 Juni diperingati sebagai Hari Olahraga Berkuda Nasional. Peringatannya menandai kali pertama kejuaraan nasional olahraga berkuda digelar di Kota Bandung, Jawa Barat pada 6 Juni 1966. (Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika