Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Pengurus IKT Mimika Periode 2021-2025 Resmi Dilantik

Timika, TabukaNews.com - Penantian panjang warga Toraja yang ada di Kabupaten Mimika mengenai pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Toraja (IKT) akhirnya terjawab sudah.

Senin (20/9), Pengurus IKT Mimika periode 2021-2025 resmi dilantik di Gedung Tongkonan oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH bersama Ketua IKT Provinsi Papua, DR Edie Rantetasak, MM. Pelantikan ditandai dengan penyerahan tombak dari pengurus IKT demisioner yang diwakili Yan Sampe Rumengan. Serta penyematan Passapu atau ikat kepala.

Bupati Eltinus Omaleng berpesan kepada semua pengurus yang telah dilantik untuk bekerjasama dan merangkul semua kalangan masyarakat tanpa membedakan etnis, agama dan latar belakang. Dengan kepengurusan yang baru, IKT juga diharap lebih berkembang dan menghasilkan kinerja yang sejalan dengan program pemerintah.

Pengurus lanjutnya, harus bisa membawa IKT ke arah yang lebih baik dengan penuh rasa tanggungjawab. Terutama sosok ketua yang harus mampu mengayomi seluruh anggota. Tidak hanya secara internal IKT, tapi mampu menjalin kerjasama dengan pihak luar terutama bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan di Mimika.

Ketua IKT Mimika, Yusuf Rombe Pasarrin menegaskan, IKT merupakan organisasi sosial kemasyarakatan. Untuk itu ia mengajak semua pengurus untuk bekerja bersama, bahu membahu, saling menopang dalam melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh para tua-tua Toraja di Mimika. “Kita jadikan organisasi IKT yang kuat dan mempersatukan,” tandasnya.

Yusuf Rombe juga menyatakan bahwa IKT akan terus berkomitmen, berperan dan bersinergi dengan pemerintah dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Mimika.

Ketua IKT Provinsi Papua, DR Edie Rantetasak, MM mengunkapkan, orang Toraja yang ada di Papua jumlahnya sekitar 400 ribu jiwa. Jumlah yang cukup besar. Dari sisi kualitas ia menyatakan, tidak bisa diragukan lagi. Ia melihat, di Mimika keberadaan orang Toraja sangat diperhitungkan.

Keberadaan orang Toraja di Papua, sebagian besar bergerak di bidang kemanusiaan, seperti kesehatan, guru atau tenaga pendidik, birokrat dan wiraswasta. Ia pun bersyukur selama ini keberadaan orang Toraja bisa diterima oleh masyarakat Papua.

Sebagai ketua IKT yang baru, Yusuf Rombe Pasarrin berharap kepada semua pengurus yang baru agar dapat bekerjasama, bahu membahu, saling menopang dan mendukung dalam melanjutkan tongkat estafet yang telah dirintis oleh tua-tua Toraja sebelumnya.

“Mari kita jadikan IKT Kabupaten Mimika sebagai organisasi modern, organisasi yang kuat dan bermartabat, dan juga sebagai organisasi pelopor yang mempersatukan organisasi-organisasi yang lain di Kabupaten Mimika” ucap Rombe.

Kerukunan IKT ini juga, diharapkan Rombe dapat menjadi organisasi yang dapat berperan aktif bagi kemajuan Kabupaten Mimika dengan aktif memberikan berbagai ide dan gagasan kepada Pemerintah. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika