Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Pengerukan Kali Ipa, Wujud Nyata Jhon Untuk Masyarakat Komoro

Kondisi Kali Ini kini bisa dilewati kapan saja walaupun air surut,ini adalah hasil karya Jhon Rettob saat menjabat Kadis Perhubungan Kab Mimika/ Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Masyarakat Komoro menggantungkan hidupnya di kali dan laut. Sebagai anak Komoro, Jhon sangat memahami kondisi ini.

Kali Ipa dikeruk dengan tujuan utk memperlancar transportasi masyarakat supaya tidak lagi tergantung pada alam. Masyarakat bisa melakukan perjlanan tanpa harus menunggu pasang surut.

Pada 2015, Kali Ipa dikeruk sepanjang 1200 meter dengan kedalaman 25 meter dengan dalaman 3 meter pada air tersurut.

Kemudian tahun 2016, Dinas Perhubungan yang dipimpin John Rettob juga melakukan pengerukan kali sepanjang 1.900 meter dengan lebar 25 meter antara Kampung Timika Pantai dan Kampung Kekwa.

Diwilayah ini dilakukan pula pemotongan rute untuk memperpendek jarak, sehingga jarak tempuh berkurang menjadi 2 kilometer.

Tahun 2017 lalu, pengerukan dan pelebaran juga dilakukan antara kampung kekwa dan kokonao. Panjangnya mencapai 2,1 kilometer dengan lebar 25 meter. Di tahun yang sama, Dinas Perhubungan juga  itu sama juga 25 m panjangnya 2,1 km. itu juga kita meluruskan tapi masih menggunakan sungai yg lama.

Selain itu, pada tahun 2017 pengerukan juga djlakukan di jalur sungai yang menghubungkan Pomako-Kampus biru namun pekerjaanya belum selesai karena panjang totalnya  mencapai 6 kilometer. Pekerjaan ini tertunda karena devisit anggaran sehingga akan dilanjutkan pada 2019 nanti.

Menurut John Rettob, pengerukan yang dilakukan selama 3 tahun ini sangat berdampak pada transportasi laut.

"Artinya perjalanan timika-kokonao kita bisa berkurang 11 km. Banyak hal yang kita dapat manfaatnya dari pengerukan selama ini. Jadi mulai sekarang masyarakat pesisir tidak akan mengalami situasional seperti dulu lagi. Mereka bisa menentukan kapan saja pergi dan datang tanpa harus menunggu pasang surut. Selain itu efisiensi waktu dan biaya juga semakin dirasakan masyarakat untuk perjalanan transportasi reguler," jelasnya. (Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika