Main Area

Main

Pengendara Melawan Arus-Main HP Bakal Ditilang

 Anggota Satlantas Polres Mimika siap menjalankan tugas/Foto:Tim

Timika,TabukaNews.com - Polres Mimika selama 14 hari kedepan, akan mengelar operasi Zebra Matoa 2019, dimulai tanggal 23 oktober 2019 selama 14 hari dan menetapkan berakhirnya kegiatan operasi zebra 2019 pada tanggal 5 november 2019. 

Dengan sasaran pengendara dibawah umur dan berlawanan arah serta bergoncengan lebih dari tiga termasuk kelengkapan kendaraan, akan dilakukan tilang di tempat.

Operasi tersebut dilakukan guna menciptakan situasi keamanan kalancaran tertib berlalu lintas, serta mewujudkan pemeliharaan keamanan meningkatkan keselamatan berlalulintas di Kota Timika.

“dengan sasaran penindakan berupa teguran hingga tilang yang akan diberlakukan bagi pengendara terutama yang bermain HP sambil berkendara serta berlawanan arus,” ujar Wakapolres Mimika. Kompol I Nyoman Punia, Rabu (23/10) di halaman Polres Pelayanan.

Wakapolres mengatakan, operasi akan digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas diawali dengan apel gelar operasi matoa, yang didikuti TNI - Polri dan Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika. 

Diharapkan operasi matoa 2019 dapat terwujudnya pemeliharaan keamanan keselamatan dan kecelakaan serta tertib berlalu lintas juga meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan fatalitas korban laka lantas. maka dibutuhkan unsur lain dalam hal ini dinas perhubungan dan tni untuk membantu dalam mendukung operasi tersebut. 

Perlu diketahui, data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2017 lalu adalah sebanyak 2.097 kejadian mengalami penurunan sebanyak 863 kejadian atau turun 41 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sebelumnya tahun 2016 sebanyak 2.960 kejadian.

“Guna mengatasi permasalahan lalu lintas itu, perlu dilakukan berbagai upaya menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholdersupaya dapat diambil angka yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas,” ujarnya.

Maka, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas sehingga tercipta keterpaduan langka yang dapat menunjang pelaksanaan tugas.

Pelaksanaan Operasi Zebra Matoa 2018 yang dilaksanakan selama 14 hari di wilayah hukum Polres Mimika, Papua dan jajaran melibatkan sebanyak 200 personil gabungan yang dibantu oleh unsur terkait seperti Dinas Perhubungan dan TNI Laut darat dan udara. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika