Penerapan One Way di Jalan Budi Utomo Harus Kedepankan Keselamatan Warga

 Penerapan One Way di Jalan Budi Utomo Harus Kedepankan Keselamatan Warga

 

Timika,TabukaNews.com - Uji coba kebijakan perubahan arah lalulintas Jalan Budi Utomo mulai 1 Juli menjadi satu jalur atau one way perlu dievaluasi lebih lanjut terhadap kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Kepada awak media Kamis 1 Juli, Legislator DPRD Mimika Komisi B Aloisius Paerong meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika dan pihak terkait lainnya turut memikirkan dampak diterapkannya kebijakan baru ini di kalangan masyarakat.

Menurutnya faktor kenyamanan dan keselamatan pengendara  harus menjadi faktor penentu keberlanjutan kebijakan one way di Jalan Budi Utomo yang merupakan pusat kawasan bisnis di Kota Timika itu.

“Yang menjadi alasan utama kebijakan ini harusnya kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan atau pengendara. Kalau alasan untuk membagi supaya jalan lain ramai dengan alasan perkembangan ekonomi saya kurang sependapat,” katanya.

Menurutnya kalau perubahan arus lalulintas itu hanya karena alasan untuk kesekedar menghidupkan Jalan Yos Sudarso dan Jalan Ahmad Yani yang dinilai kurang dimanfaatkan warga, maka ia menilai hal itu tidaklah tepat sebab yang harus menjadi acuan adalah kenyamanan dan keselamatan warga berkendara.

Pria yang akrab disapa Luis itu juga menilai, pengawasan petugas berwenang menjadi kunci sukses tidaknya kebijakan lalulintas terbaru ini. Sebab ia menilai warga Mimika akan patuh selama petugas berjaga. Yang ia khawatirkan bila petugas sudah tidak berjaga maka akan banyak potensi pelanggaran lalulintas, sebab daerah dalam Kota Timika merupakan kawasan padat penduduk dengan berbagai keperluan perjalanan berkaitan dengan kegiatan keseharian warga.

“Kebiasaan warga kita di Timika itu patuh kalau ada petugas yang berjaga. Nanti kalau sudah tidak ada yang jaga pasti akan banyak yang menerobos melawan arah jalan. Kemungkinan juga akan banyak kendaraan yang parkir kanan menggunakan badan jalan,” ungkapnya.

Luis Paerong Legislator Komisi B DPRD Mimika asal Perindo itu menambahkan, terhadap perubahan jalur satu arah di Jalan Budi Utomo ini, pemerintah harus mengevaluasi dengan melibatkan banyak unsur seperti dari DPRD Mimika yang merupakan perwakilan suara rakyat di Parlemen sehingga diharapkan kebijakan yang diambil pemerintah dapat dipermanenkan.

“Harus ada evaluasi setelah masa uji coba ini. Mari kita sama-sama evaluasi dampak dari perubahan arah jalan ini,” harapnya

Sementara dari pantauan wartawan di lapangan, akibat pengalihan satu jalur di Jalan Budi Utomo, berdampak pada terciptanya kerap kali penumpukan antrian kendaraan di seputaran lampu merah perempatan Jalan Yos Sudarso – Jalan Pendidikan – Jalan Bougenvile, yang sebelumnya jarang terjadi. (tim)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata