Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Penegakkan Hukum Adalah Panglima : Partai Pendukung Pertanyakan Penegakan Hukum Oleh Kejaksaan Tinggi

Herman Gafur / Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com -  Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 tinggal menghitung hari, berbagai tahapan telah dilalui. Namun sayangnya pelanggaran - pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara dan sudah dilaporkan kepihak yang berwewenang tampaknya jalan ditempat.

"Penegakan hukum itu harus. Hukum hendaknya dijadikan Panglima. Olehnya itu kita berharap hukum menjadi panglima, tidak boleh ada tekanan apapun. Jangan ada statement bahwa ini untuk kepentingan ini dan itu. Yang menjadi pertanyaan kepentingan apa kalau seandainya hukum tidak dijadikan panglima," ujar ketua DPC PBB Herman Gofur , Rabu (30/1) di Timika.

Herman menegaskan, beberapa waktu lalu komisioner KPU kabupaten Mimika telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pelanggaran Pilkada. Namun  persoalan tersebut sampai pada saat ini belum diketahui sejauh mana kepastian proses kasusnya.

Herman menjelaskan bahwa pelaksanakan pemilukada harus sesuai dengan tahapan tahapan yang telah diatur dalam Undang Undang (UU) dan PKPU. Namun menurut Herman apa yang dilakukan oleh Komisioner tidak sesuai dengan PKPU sehingga sudah selayaknya penegakkan hukum dilaksanakan.. 

Lanjutnya, pasangan OMTOB sesungguhnya meyakini bahwa semua yang terjadi sudah diluar dari konteks itu. Sudah banyak interfensi politik diluar dari hal - hal yang telah diatur 

"Jangan sampai kesabaran kami habis. Kesabaran kami terbatas, ingat itu jangan sampai kita melakukan hal - hal yang tidak diinginkan karena kecewa," ujar Herman..

Herman juga menjelaskan saat ini telah beredar rekaman percakapan Gakkumdu dengan pihak Kejaksaan Tinggi. "rekaman ini beredar di kalangan masyarakat. Intinya ada pihak yang ingin kasus hukum komisioner KPU mimika didiamkan," ujarnya.

"Ini persoalan sudah terang menderang, gakkumdu sudah bekerja sesuai dengan kewenangan mereka. Tinggal Kejaksaan Tinggi Papua  (Kajati),sampai sekarang tidak menindaklanjuti persoalan tersebut.," ujar Herman.

Bahkan Herman menegaskan kalo kondisi kabupaten Mimika adalah kondusif. Kalo karena kasus pengrusakan hotel  66 , dijadikan acuan, Herman menilai hal itu salah.

Aparat Kepolian sudah menangkap siapa aktor dibalik pengrusakan di Hotel Cenderawasih 66 itu. "Seandainya aparat Kepolisian tidak menindaklanjuti kasus tersebut maka masyarakat Mimika akan melakukan langkah-langkah yang mereka demi melindungi hak politik paslon mereka," ujar Heman.(tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika