Main Area

pesparawi xiii

Main

Pendulang Tradisional Akui Selalu Was-was Saat Mendulang

Terlihat para pendulang yang berada di area Tanggul Barat ,mile 25 sedang mendulang./ Foto : Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.Com-Para pendulang tradisional yang setiap hari mengais rezeki dengan mendulang di area pembuangan limbah PT Freeport Indonesia (PTFI) mengakui selalu was-was dalam beraktifitas.

Hal ini dikarenakan sudah mendengar adanya himbauan dari pihak keamanan dalam hal ini TNI-Polri untuk meninggalkan lokasi pendulangan sementara waktu demi keamanan dan keselamatan diri menjelang 1 Desember yang disebut sebagai HUT OPM.

Walaupun sudah ada himbauan dijauh hari oleh pihak keamanan,namun tidak bisa dipungkiri demi kelangsungan hidup sehari-hari masih terlihat para pendulang melakukan aktifitas mendulang demi kehidupan sehari-hari.

Pekerjaan yang digeluti para pendulang ini terbilang cukup resiko,karena harus ditempuh dengan berjalan kaki dan melintasi atau menyeberangi derasnya air serta harus menghindari bebatuan.

Berdasarkan penuturan para pendulang sendiri saat ditemui wartawan dilokasi dulang area Tanggul Barat tepatnya di mile 25,mengakui bahwa dengan adanya himbauan tersebut mereka semua selalu waspada.

"Memang kita sudah dengar adanya isu-isu jelang 1 Desember,tapi kami belum dengar pasti.Tapi kami semua kerja juga selalu hati-hati,"tutur Eli.

Eli juga menuturkan bahwa bekerja menjadi pendulang tradisional ini sudah digeluti cukup lama demi kebutuhan hidup sehari-hari.

Hal yang sama juga disampaikan oleh rekan satu kelompok bernama Alex yang mendulang sudah 8 tahun,bahwa ini sudah menjadi mata pencaharian.

"Jadi kami disini hanya mendulang dan selesai mendulang kami langsung pulang rumah.Kami tidak bermalam,datang pagi pulang sore,"tuturnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika