Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Penanganan Sampah di Timika Dimulai Dari Tingkat Lurah dan Distrik

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika Limi Mokodompit/ Foto: Markus Rahalus/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika Limi Mokodompit mengatakan, Kabupaten Mimika sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020 dan Pesparawi ke-13, diperlukan keterlibatan masyarakat di tingkat Kelurahan dan Distrik dalam penanganan masalah sampah

Beberapa bulan terakhir wajah kota Timika sudah mulai terlihat bersih setelah adanya penanganan sampah oleh DLH dan juga masyarakat walaupun belum secara keseluruhan lantaran keterbatasan armada pengangkut sampah.

"Bulan Desember 2017 sampai sekarang sudah mending walaupun keterbatasan armada tapi untuk menyongsong PON dan Pesparawi itu armada kita tambah," kata Limi ketika ditemui wartawan di hotel Grand Tembaga, Senin (8/7).

Menurutnya, penanganan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab DLH, tapi diperlukan kerjasama dari pihak Lurah, Distrik dan masyarakat agar bisa selalu bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan mulai dari tingkah RT, RW Kampung/Kelurahan dan distrik.

Kemudian pelibatan lurah dan camat dan seluruh masyarakat itu sudah menjadi harga mati harus bertanggung jawab untuk kebersihan. Karena kita tuan rumah dan ini event besar.

Ia menjelaskan, pada anggaran perubahan 2019 akan ada penambahan armada dan juga Tempat Pembuangan Sementara (TPS) setelah dilihat lokasi mana saja yang layak untuk dijadikan TPS, hal tersebut didukung oleh peran serta masyarakat yang mana telah sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Pertama kita sudah tambah armada, TPS yang kita merasa perlu untuk tidak boleh membuang sampah dan itu sudah mulai ada kesadaran dari masyarakat," jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk menunjang penanganan sampah di tingkat kelurahan dan distrik, pihaknya akan memfasilitasi dengan kendaraan roda tiga pengangkut sampah, sehingga pihak distrik sama Lurah selalu bertanggung jawab pada kebersihan.

Ia menambahkan tidak hanya menjadi tanggung jawab Ella distrik dan kelurahan tetapi ada beberapa dinas mempunyai tanggung jawab yang sangat berkaitan dengan kebersihan Kota dalam hal ini dinas yang mempunyai tugas penataan taman Dinas PU PR mempunyai tugas yang sama yaitu masalah jalanan nantinya tugas masing-masing dinas tersebut akan menciptakan suatu keindahan kota. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika