Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemkab Mimika Resmi Buka Pendaftaran CPNS Tanggal 22 April Kemarin

Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH/Foto: Ricky Lodar


Timika, Tabukanews.com - Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika telah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejak tanggal 22 April lalu hingga pertengahan bulan Mei menggunakan sistem online.

"Saya mau pertegas lagi, kita buka pendaftaran tanggal 22 April, jadi semua masyarakat Papua atau non Papua," kata Eltinus usai memimpin upacara hari Otonomi Daerah (Otda) di halaman Kantor Pusat Pemerintahan, Kamis (25/4).

Ia menjelaskan, kuota penerimaan CPNS tersebut 80% atau 240 orang difokuskan bagi putra-putri asli Mimika, dan 20% atau 60 orang diberikan kesempatan kepada masyarakat pendatang yang lahir dan besar di Kabupaten Mimika.

"80 asli, 20 itu non Papua yang lahir di Timika," jelasnya.

Proses penerimaan tersebut akan menggunakan sistem online dan itu berlaku untuk semua Kabupaten kota yang ada di Papua termasuk Kabupaten Mimika seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, sehingga masyarakat dituntut untuk bisa beradaptasi, sebab kalau tidak masyarakat akan tergerus oleh peradaban.

"Cara tesnya pak online, tidak ada manual tidak ada cerita kami mau manual, jadi harus profesional dan sesuai kriteria," katanya.

Ia mengungkapkan, apabila kuota yang ditentukan tidak mencapai khusus bagi putra-putri asli Mimika, maka akan diberikan peluang kepada masyarakat Papua secara umum. Hal tersebut dilakukan agar bisa mengakomodir putra-putri Mimika yang selama ini tidak diberikan kesempatan.

"Kalau yang lahir bukan di Timika berarti berikan peluang kepada orang lain," ungkapnya.

Dirinya berharap, penerimaan CPNS tersebut disambut baik oleh masyarakat Mimika, sehingga ada putra-putri asli Mimika yang bisa mengabdi sebagai seorang ASN dilingkungan Pemkab Mimika.

"Jadi masyarakat harus menyambut baik penerimaan ini," harapnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika