Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemkab Mimika Latih Aparat Kampung Ketrampilan Bumdes

TIMIKA, TABUKANews.com   - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para aparat kampung serta pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Peningkatan kapasitas para aparat kampung dan pengurus BUMDes di Mimika tersebut dalam bentuk pelatihan yang diprakarsai oleh Bagian Administrasi Perekonomian Pembangunan Setkab Mimika di Timika, Rabu,(6/9).

"Pelatihan kali ini menghadirkan dua narasumber dari Universitas Trunojoyo," kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pembangunan Setkab Mimika, Yustinus Lewi Panimpa di Timika, Rabu.

Ia menjelaskan, BUMDes di Mimika baru terbentuk di lima kampung yang ada di lima distrik yaitu distrik Mimika Baru, Kuala Kencana, Kwamki Narama, Wania dan distrik Iwaka.

Hanya saja BUMDes yang sudah terbentuk tersebut kata Yustinus harus didaftarkan ke Kementerian Desa sebab semenjak didirikan, BUMDes di Kabupaten Mimika belum terdaftar secara resmi.

Meskipun demikian, ia berharap agar  pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus BUMDes termasuk para aparat kampung terutama dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di kampung masing-masing guna meningkatkan perekonomian masyarakat kampung.

Sekda Mimika, Ausilius You juga berharap agar semakin banyak kampung yang membentuk BUMDes dengan memanfaatkan sebagian dari dana desa sebagai modal awal.

Selain itu BUMDes yang telah terbentuk itu diharapkan juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan dan pengembangan ekonomi keluarga di kampung.

Selain melatih para aparat kampung, Pemkab Mimika juga akan memberikan bantuan berupa alat pemotong sagu dan alat pencacah pakan ternak babi yang akan diberikan kepada masing-masing BUMDes melalui APBD Induk Mimika 2018(Jero/TB).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika