Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemkab Mimika Gelar Sosialisasi Ranham 2018

TIMIKA, TABUKANews.com - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menggelar sosialisasi tentang rencana aksi nasional Hak Asasi Manusia (Ranham) 2018, yang diikuti perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah setempat, di Timika, Rabu.

Kepala Sub Bagian Produk Hukum, Bagian Hukum Setkab Mimika Muhammad Jambia Wadansao,Kepada wartawan di Hotel Grend Tembaga, Rabu (29/8)  mengatakan sosialisasi tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Pemkab Mimika dalam hal ini Bagian Hukum Setkab Mimika dengan Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Provinsi Papua.

"Kegiatan ini digelar hampir setiap tahun mengingat Kabupaten Mimika merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang dinilai oleh Pemerintah Pusat memiliki kepedulian terhadap hak asasi manusia (HAM)," ujarnya.?

Ia mengatakan pada Desember 2017, Pemkab Mimika meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli hak asasi manusia dari Kementerian Hukum dan HAM untuk tahun 2016. 

Penghargaan tersebut diberikan karena Pemkab Mimika dinilai Kemenkumham berhasil menignkatkan kepedulian terhadap HAM di beberapa bidang pada 2016 lalu.

Parameter kepedulian hak asasi manusia antara lain hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.?

Selain itu, dalam waktu dekat Kemenkumham akan meresmikan sebanyak 16 kampung sadar hukum di Kabupaten Mimika.

Jambia juga berharap agar sosialisasi tersebut dapat memberikan informasi terkait pelaksanaan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Mimika (P-5 HAM)

Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang juga mengatakan bahwa Pemkab Mimika memiliki kepedulian terhadap penegakan hak asasi manusia di Mimika dan terus berupaya terkait dengan pelaksanaan P-5 HAM.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber yaitu Kepala Bidang HAM dan Kepala Sub Bidang Kajian dari Kanwil Hukum dan HAM Papua. (Jero/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika