Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Pemkab Mimika Diminta Bersurat kepada DPRD yang Pokirnya Tidak Diakomodir

Timika,TabukaNews.com - Pemerintah melalui Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika diminta untuk bersurat resmi kepada DPRD Mimika bila tidak mengakomodir Pokok Pikiran (Pokir) dewan ke dalam APBD pemerintah Kabupaten Mimika.

Demikian diungkapkan Sekretaris Komisi C DPRD Mimika' Saleh Al-Hamid saat Kunjungan Kerja Komisi C bertemu Kepala Bappeda Mimika Yohana Paliling di Kantor Bappeda.

Menurut Saleh Legislator Hanura itu dalam memasukkan Pokir Dewan yang berisi aspirasi kebutuhan rakyat yang dijaring melalui kegiatan Reses Dewan itu pihaknya menerima surat resmi dari kepala daerah. Sehingga saat Pokir itu tidak dijawab pemerintah maka seharusnya pemerintah juga bersurat resmi kepada anggota dewan bersangkutan, untuk menjelaskan alasan apa yang menyebabkan Pokir dewan itu tidak terakomodir. 

Hal ini dirasa perlu sebab mempertaruhkan nama baik anggota DPRD di kalangan warga konstituennya, demikian pula nama Bupati dan Wakil Bupati Mimika yang sama-sama dipilih oleh rakyat dalam Pemilu seperti para anggota dewan.

Ia mengaku kecewa selama ini Pokirnya tidak diakomodir. Sebagai orang politik janji itu harus ditepati karena menjadi jaminan karir politik selanjutnya. Dan yang terpenting Pokir itu adalah kebutuhan warga yang bila diakomodir pemerintah maka dipastikan program pembangunan 100 persen tepat sasaran.

Ke depan ia mewanti pemerintah untuk menjawab Pokir Dewan, karena DPRD punya kewenangan dalam hal penganggaran. Bisa mencoret kegiatan yang dirasa tidak perlu.

Kekecewaan serupa diungkapkan Legislator Komisi C asal Perindo Samuel Bunai. Ia mengaku malu sebab merasa dinilai tidak berhasil memperjuangan aspirasi rakyat menjadi kenyataan lewat program pemerintah. Ke depan ia berharap, Pokir Dewan dapat diakomodir di mana diketahui Bappeda menjadi salah satu pemeran penting di Tim Anggaran Pemerintah Daerah TAPD dalam penyusunan program pembangunan di APBD pemerintah. Oleh karenanya Bunai menilai penting untuk DPRD Mimika menyampaikan realita keluh kesah di lapangan itu dengan harapan tahun ke depan Pokir Dewan dapat diakomodir demi kepentingan rakyat.

Harapan yang sama disampaikan sejumlah Anggota DPRD Komisi C lainnya. Pokir Dewan yang dijaring di warga konstituen Dapil masing-masing merupakan benih kepercayaan rakyat kepada Wakil Rakyatnya, sehingga harus diperjuangkan sampai jadi kenyataan demi kepentingan rakyat.(tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika