Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemkab dan PTFI Diminta Serius Perhatikan Masalah Banti

Yohana Yambise / Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  Yohana Yambise meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Mimika  dan PT Freeport Indonesia (PTFI) agar lebih serius  memperhatikan masyarakat yang ada di Kampung Banti, Distrik Tembagapura.

“Saya minta tolong Pak Bupati perhatikan mereka di Banti. Kami Kementerian tetap akan mendamping pemkab dan bekerja sama dengan PTFI untuk  sedikit demi sedikit dapat melihat Kampung  Banti supaya  bisa kembali berfungsi normal,” kata Yohana saat ditemui di Hotel Horizon Timika, Rabu (23/5).

Yohana mengatakan sebagai menteri dan sebagai orang Papua,  dirinya sangat prihatin melihat kondisi yang terjadi di Kampung Banti.  Kampung berada langsung di area perusahan besar tetapi kondisi masyarakat dan wilayahnya sangat memprihatinkan.

“Banti rumah-rumah semua hancur, bagaimana keluarga mau hidup, bagaimana anak-anak mau belajar sekolahnya saja tidak ada. Rumah sakitnya tidak ada dan ini menjadi perhatian utama kita untuk  melihat kampung Banti yang tepatnya pas berdekatan dengan perusahan besar yang terkenal. Saya tidak sanggup melihat itu. Sebagai Orang Asli Papua (OAP)  saya mohon perhatian khusus diberikan ke kampung-kampung di sekitar perusahan. Pemkab punya dana begitu besar dan ada perusahan yang begitu besar lagi megah berdiri di tanah Papua, tapi tolong beri perhatian dan jangan biarkan mereka menderita,”ajak Yohana.

Yohana, berharap ke Pemkab Mimika dan PTFI untuk melihat persoalan di Banti lebih serius lagi dan membangun kembali Kampung Banti yang hancur berantakan akibat dari ulah oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Perempuan di Banti kemarin saya ketemu begitu-begitu. Mereka  sepertinya bingung juga, tempat tinggal tidak ada, rumah-rumah mereka hancur, anak-anak mereka tidak sekolah. Ada yang sudah ditangani PTFI untuk sekolah dan ada yang masih tinggal begitu saja. Tapi anak-anak ini harus sekolah dan sekolah,”terang Yohana. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika