Main Area

Main

Pemkab Batalkan Dua Program Beasiswa

TIMIKA, TABUKANews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) membatalkan dua program beasiswa dengan pertimbangan APBD Induk Mimika 2018 dipastikan mengalami defisit yang cukup besar. 

Kepala Bagian SDM Setkab Mimika, Hengki Amisim mengatakan, dua program beasiswa yang dibatalkan, yakni pengiriman calon mahasiswa ke STIP-AN Jakarta dan STIA LAN Makassar.  Kedua program beasiswa tersebut diperuntukkan bagi anak asli Amungme Kamoro (Amor).

"Padahal kita sudah targetkan 2018 ini kita kirim sebanyak 20 ke STIA LAN Makassar dan 30-an mahasiswa baru ke STIP-AN," kata Hengki kepada wartawan, Jumat (9/3).

Selama 2018, Pemkab  hanya mengirim 10 anak Kamoro dan Amungme yang ke Sekolah Tinggi Ilmu Pertanahan Nasional di Jogjakarta. Ke 10 anak itu akan tinggal di asrama dengan seluruh pembiayaan ditanggung Pemkab Mimika.

Program itu, menurutnya, menjadi prioritas Pemkab Mimika mengingat banyak persoalan tanah yang dihadapi pemkab setiap  tahun. Padahal tidak ada ASN Mimika yang memiliki kompetensi  atau berasal dari latar pendidikan studi pertanahan. 

"Bupati sendiri yang merekomendasikan agar program beasiswa di bidang ini dilaksanakan 2018.  Jadi setelah penetapan kami akan umumkan pendaftaran," kata Hengki. 

Kesempatan mengikuti program beasiswa ke Sekolah Tinggi Ilmu Pertanahan Nasional di Jogjakarta dikhususkan bagi warga asli Suku Kamoro dan Amungme baik itu lulusan SMA atau juga pegawai honor di Pemkab. Pihak kampus sendiri akan datang ke Timika melakukan tes ke calon peserta untuk menjaga objektifitas dan kualitas peserta beasiswa. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika