Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemilihan Ketua Lemasko Setelah 40 Hari kepergian Almarhum Robertus Waraopea

Wakil Ketua I Lemasko Gregorius Okoare/ Foto:Tim

 

Timika, Tabukanews.com, Wakil Ketua I Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorisu Okoare mengatakan, pengangkatan ketua Lemasko yang baru akan dilakukan setelah 40 hari kepergian Almarhum Robertus Waraopea, SH pada tanggal 13 Agustus lalu, hal tersebut dilakukan berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) lembaga.

"Yang pertama untuk mengisi kekosongan atas kepergian almarhum Robertus Waraopea itu kita dari lembaga akan melakukan pertemuan kembali dengan DPA dan BM sesuai dengan struktur organisasi yang ada," kata Gerry ketika ditemui di RPH usai tatap muka dengan Kapolri dan Panglima TNI, Rabu (29/8).

Ia menjelaskan, dalam pemilihan dan pengangkatan ketua Lemasko yang baru akan dilakukan oleh Dewan Pimpinan Adat, Badan Musyawarah dan pihak terkait untuk mengisi komposisi organisasi yang terjadi kekosongan.

"Itu ketika sudah 40 hari, kita akan duduk kembali untuk menindaklanjuti komposisi yang ada. Secara organisasi itu sudah ada AD/ART jadi tinggal tua-tua adat kita duduk untuk mengecek kembali komposisi kita," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam pemilihan dan pengangkatan ketua Lemakso yang baru nantinya tidak merubah program yang telah disusun. Artinya program yang telah disusun, disepakati dan ditetapkan tetap akan dilaksanakan.

"Program yang sudah kita susun itu tetap kita lanjutkan program yang ada seperti itu," tambahnya.

Ia mengungkapkan, saat ini untuk mengisi kekosongan Ketua Lemasko, secara aturan kelembagaan, Wakil Ketua I yang akan mengisi kekosongan tersebut atau sebagai pejabat sementara sampai adanya pemilihan dan pengangkatan ketua Lemasko yang baru.

"Sementara proses musyawarah oleh DPA, BM dan beberapa stakeholder kita akan duduk untuk kelanjutan lebih lanjut ke depan, secara organisasi itu ada wakil ketua 1 Kan yang membidangi administrasi dan keuangan itu saya. Cuma ada hal lain yang perlu saya sampaikan kepada masyarakat," ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika