Main Area

pesparawi xiii
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
hari raya pekabaran injil 5 Februari 2021

Main

Pemerintah Kampung Nawaripi Gencar Bagikan 1000 Masker ke Rumah-rumah Warga

Timika, TabukaNews.com - Pemerintah Desa atau Kampung Nawaripi, Distrik Wania, Kabupaten Mimika,Rabu (26/8) terus gencar melakukan aksi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan membagikan 1000 masker kain ke rumah-rumah warga.

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, terlebih dahulu tim relawan desa melawan covid mendapat arahan langsung dari Kepala Kampung dan perwakilan tim dari Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mimika dari Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Usai arahan, tim dengan dipimpin langsung Kepala Kampung dengan didampingi perwakilan tim dari Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mimika dari Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi langsung mendatangi setiap rumah warga untuk membagikan serta memakaikan masker.

Selain warga yang ada dalam rumah, warga yang melintas dengan mengendarai roda dua maupun roda empat juga dibagikan dan dipakaikan masker. Bahkan anak-anak yang sedang bermain.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun, seusai kegiatan menerangkan bahwa kegiatan yang sudah dilakukan merupakan salah satu program kampung, yang mana menggunakan anggaran dana desa.

"Dana desa 60 juta itu digunakan semua untuk pencegahan covid-19 di kampung Nawaripi. Jadi dari jumlah dana itu kita pakai untuk beli masker, cairan disinfektan,hand sanitizer, tempat cuci tangan. Termasuk honor tim relawan juga," terangnya.

Menurutnya, bahwa pembagian masker ini sudah dua kali berlangsung, dimana pembagian masker kedua ini sebanyak 1000 masker.

"Saya selaku kepala kampung berharap agar masyarakat saya selalu mengikuti protokol kesehatan,"ungkap Norman.

Ditambahkan Aris Mendila selaku perwakilan tim dari Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mimika dari Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, menerangkan bahwa
dengan adanya pandemi covid 19,maka pemerintah pusat dalam hal ini melalui Presiden membuat Peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dengan sistem stabilitas keuangan untuk penanganan pandemi covid.

"Jadi berkaitan dengan bahwa keuangan negara bisa dipakai untuk biaya penanganan pandemi covid, maka itu termasuk di dalamnya Dana Daerah dan Dana Desa. Sehingga Dana Desa ini bisa dipakai untuk jaring pengaman sosial, salah satunya adalah bantuan langsung tunai dana desa yang lewat Peraturan Menteri Desa nomor 6 dan nomor 7,"katanya.

Kemudian dengan adanya New Normal atau normal baru di desa,kata Aris bahwa pemerintah melalui Kementerian Desa juga mengeluarkan surat edaran Menteri nomor 63 tahun 2020 tentang protokol normal baru di desa.

"Sehingga pada tanggal 4 Agustus 2020 itu ditindaklanjuti dengan surat dari Menteri bahwa ada gerakan setengah miliar masker untuk di desa atau kampung-kampung, yang tujuannya adalah supaya desa aman dari covid. Yang mana hari ini melalui pemerintah Kampung Nawaripi melakukan pembagian 1000 masker kepada warganya,"katanya.

Menurut Aris, dalam surat edaran tersebut ada kerjasama antara pemerintah kampung dengan masyarakat,dalam hal ini diharapkan dari pemerintah Kampung menyediakan sebanyak 2 lembar masker kain untuk warga,dan warga juga harus menyediakan 2 lembar untuk dirinya sendiri.

"Jadi ada 4 lembar masker. Pemerintah Kampung juga diharapkan mendata warganya, kemudian mendata berapa warga yang sudah bisa pakai masker. Sehingga dari jumlah jiwa itu diharapkan pemerintah Kampung menyediakan 2 lembar kali sekian jiwa yang sudah bisa pakai masker, dan warga juga diharapkan menyediakan 2 lembar masker secara swadaya,"ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya program setengah miliar ini masyarakat atau pemerintah kampung bisa mengembangkan ekonomi dalam hal ini masker kain.

"Jadi warga bisa sendiri atau bisa difasilitasi pemerintah kampung  untuk membuat masker kain, sehingga ekonomi di kampung ini bisa tumbuh.Jadi pengadaan ini bisa dari badan usaha milik desa atau kelompok-kelompok masyarakat yang punya kemampuan keterampilan untuk menyediakan atau mengadakan masker kain,"harap Aris.

Selain itu Aris juga berharap agar tim penggerak PKK dan kader Posyandu,termasuk didalamnya tim relawan desa lawan covid membantu mensosialisasikan dan membantu membagikan masker kepada warga-warga yang ada di kampung-kampung.(Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika