Main Area

Main

Pemerintah Harus Cari Solusi KBM di Kwamki Narama

Ketua Komisi C Yohanis Kibak/ Foto : dok Tabukanews.com

Timika

Pemerintah kabupaten Mimika melalui Dinas Pendidikan Dasar (Pendis) kabupaten Mimika untuk mencari solusi agar proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kwamki Lama harus tetap berjalan.

“Kita harus carikan solusi agar anak-anak di Kwamki Narama tetap bisa belajar.Tidak bisa dibiarkan begini ini masa depan ana-anak terancam disana,”tegas Ketua Komisi C DPRD Mimika Yohanis Kibak kepada wartawan di kantor DPRD Mimika, Jumat (23/2) sian.

Kata dia, masalah perang itu sebenarnya Pemda dan TNI-Polri tidak boleh diam. Kita tidak boleh biarkan mereka terlarut dalam konflik," kata Yohanis Kibak.

Menurutnya, Pemkab Mimika melalui OPD terkait harus mengambil sikap tegas dalam menyikapi konflik yang terjadi di Distrik Kwamki Narama yang tidak hanya mengorbankan nyawa dan harta benda tapi juga masalah depan generasi anak-anak Mimika.

"Kita harus ambil sikap tegas. Konflik ini sudah lama dan yang jadi korban bukan hanya orang dewasa tapi anak-anak karena mereka tidak sekolah, akhirnya mereka ikut berperang," tegasnya.

Solusinya,kata Kibak, anak-anak tersebut harus didata oleh Dinas berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang ada di Timika, sehingga anak-anak tersebut bisa tetap bersekolah dan jauhkan mereka dengan kebiasaan berperang. Mengingat sudah mendekati ujian baik sekolah maupun ujian nasional.

"Saya minta Pemerintah harus ambil langkah untuk pindahkan anak-anak ini ke sekolah yang ada di kota Timika dan membuat asrama untuk anak-anak ini tinggal dan bersekolah," ungkapnya.(mrk)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika