Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Pemda Mimika Tutup Sementara Akses Penerbangan dan Pelayaran

 

Timika,TabukaNews.com – Merujuk pada kesepakatan bersama Bupati, Waki Kota dengan Gubernur Papua di Jayapura beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika akan menutup sementara semua akses penerbangan maupun pelayaran kecuali akses untuk barang atau cargo. 

Upaya ini dilakukan guna menekan dan mencegah masuknya wabah Coronavirus disease (Covid-19), juga diatur instruksi Bupati nomor 1 tahun 2020 dalam poin ke lima yakni ” penutupan penerbangan komersial dan perintis serta pelayaran kapal penumpang di pintu-pintu masuk Bandara Moses Kilangin dan Pelabuhan Pomako.” 

Bupati Mimika Eltinus Omelang dalam jumpa pers, Rabu (25/03/20) mengatakan upaya ini merupakan kesepakatan bersama yang ditindak lanjuti oleh bupati amsing masing, sehingga dikeluarkan instruksi bupati bahwa beberapa hal yang sampaikan dalam hasil rapat termasuk salah satunya penutiupan sementara penerbangan umum juga pelabuhan untuk pelayaran nasional Indonesia akan dibatasi. 

“Apabila berjalan terus maka orang dari luar akan masuk terus ke timika, sehingga terhitung sejak Kamis 26 maret hingga 9 april 2020, apabila ada perubahan dari pusat maka akan dibuka kembali.” Ujar Omaleng. 

Menurutnya, untuk membuka kembali akses penerbangan dan pelayaran ini daerah tetap merujuk dari pusat sehingga apabila wabah Corona terus meningkat maka di Papua juga ditambah jangka waktu penutupan, jadi patokan kita adalah Jakarta.

Menurut Omelang, selama ini pelayaran dan penerbangan dari Jakarta itu merupakan daerah teridentifikasi Virus Corona sehingga menjaga kemungkinan hal terburut dengan masuknya orang yang dari tempat tersebut datang ke papua khususnya di timika sehingga dua akses ini ditutup sementara hingga situasi benar benar kondusif. 

Sedangkan untuk membawa sampel maupun kebutuhan medis,  akan digunakan pesawat Hercules milik TNI – Polri, “TNI Polri mereka siap pasut hingga daerah baik ke luar papua maupun dalam papua.” jelasnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika