Main Area

Main

Pemda Mimika Diminta Berdayakan Satpol PP

Elminus B Mom/ foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom meminta kepada Pemda Mimika untuk bisa memaksimalkan tugas dan fungsi anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang telah direkrut oleh Dinas Satpol PP. Hal ini dilakukan agar anggota Satpol PP bisa mengetahui fungsi dan tugas mereka dengan jelas.

Saat ditemui wartawan dikawasan Hasanuddin, Jumat (2/2) Elminus mengatakan, bahwa pihaknya sudah pernah membahas mengenai penempatan para anggota Satpol PP, namun belum dilakukan secara menyeluruh.

“Coba kalau kita ke Pemda, mereka lebih banyak kumpul cerita-cerita. Seharusnya mereka diberikan mandat serta tugas dalam rangka memberdayakan tenaga mereka. Bisa saja ditempatkan dibeberapa titik di Kota Timika untuk mengawasi jalannya aktivitas sehari-hari,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa janji dari Kepala Dinas Satpol PP sebelumnya untuk menempatkan anggota Satpol PP ditiap-tiap distrik hingga kini belum terealisasi. Menurutnya, rencana tersebut memang sangat tepat, mengingat mereka harus menjaga asset-aset Pemda Mimika yang ada ditiap-tiap distrik.

“Kami melihat, bahwa rencana itu merupakan salah satu bentuk pemberdayaan anggota Satpol PP, daripada mereka berdiri dan duduk saja di kantor bupati setiap hari,” ungkapnya.

Namun disisi lain, pihaknya juga memberi apresiasi kepada sebagian anggota Satpol PP yang kini berada di wilayah kota setiap hari untuk memantau aktivitas warga disekitar pasar lama Jalan Bayangkara.

“Itu memang menjadi tugas mereka. Coba lihat Satpol PP di Surabaya. Mereka setiap hari ada dikota untuk memastikan aktivitas warga berjalan dengan baik. Hal ini yang saya rasa perlu diterapkan di Timika, agar anggota Satpol PP benar-benar merasa dibutuhkan,” imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika