Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemda Anggarkan Rp 800 Juta Untuk Perayaan Natal 2019

Ketua Panitia, Asisten III Nicholaus Kuahati /Foto : Tim

Timika,  TabukaNews.com – Dalam rangka pelaksanaan natal bersama,  Pemerintah daerah Kabupaten Mimika menganggarkan biaya sekitar Rp 800 juta lebih,  selian itu juga akam dilaksanakan lomba pohon natal dan kebersihan lingkungan. 

Sementara,  pelaksanaan Natal sendiri akan dipaksanakan pada Rabu (11/12) di Graha Eme Neme Yauware.

Matheus Suwai, Bendahara Natal saat ditemui di lantai III gedung A Pusat Pemerintahan, Rabu (27/11), mengatakan anggaran pemerintah yang telah diplot untuk kegiatan natal bersama nanti sebesar 800-an juta.

“Saya belum hafal tepatnya tapi nilainya 800-an juta. Seksi konsumsi paling besar 200-an juta. Lainnya diplot ke beberapa seksi diantaranya acara, kerohanian, perlengkapan, dekorasi, dokumentasi dan seksi transportasi,” ujarnya.  

Ia mengatakan makna utama Natal 2019 adalah pluralisme. Yang mana umat beragama lain akan turut serta mengambil bagian dalam acara nanti.

“Selain denominasi gereja, kita juga akan libatkan basudara kita dari agama lain. Misalnya dalam acara manti akan ada kasidah dari basudara kita umat muslim. Natal menjadi bermakna bukan hanya bagi kita tapi seluruh masyarakat sehingga kedamaian dan kebersamaan di bumi ini terus dijaga bersama-sama,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Panitia, Asisten III Nicholaus Kuahati mengatakan, pada rapat bersama yang diselenggarakan di lantai III barusan, membahas tentang tiga agenda yaknk menentukan tema dan sub tema natal. Tema natal mengikuti tema nasional yang mengacu ke PGI dan KWI 2019 yakni ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang (Yoh 15:14-15)”.

Sementara sub tema natal yang disepakati panitia adalah “Dengan Natal Kita Tingkatkan Hidup Rukun, Aman, Damai dan Sejahtera untuk mensukseskan Kongres Kingmi, Pesparawi dan PON 2020 di Tanah Papua.

“Agenda kedua adalah penetapan waktu pelaksanaan dan ketiga, masing-masing seksi membahas secara internal program mereka, tanggal 2 desember mereka masukan gambaran tentang kebutuhan perayaan natal. Intihnya natal ini melibatkan pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat,” jelasnya.

Disampaikan pula bahwa dalam rangka memeriahkan Natal 2019, panitia juga akan menggelar lomba pohon natal atau pondok natal dan kebersihan lingkungan.

“Mulai 1 desember kita sudah lakukan penilaian dan akhir tahun nanti kita umumkan pemenangnya. Dua lomba ini berlaku untuk umum. Jadi siapa saja bebas mengikuti perlombaan ini,” ujarnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika