Main Area

pesparawi xiii

Main

Pemda Akan Terapkan Tujuh Langah Antisipasi Kabutuhan Ekonomi

 

Timika,TabukaNews.com – Dalam menghadapi upaya penutupan akses dan isolasi warga di daerah pinggiran kota di Mimika sehingga pemerintah daerah melakukan langkah antisipasi guna mendukung kebutuhan social dan ekonomi di kota Timika. 

Pertama, memastikan ketersediaan kebutuhan pokok strategis masyarakat melalui pembatasan pembelian kebutuhan pokok secara berlebihan, menyiapkan gudang logistik (komoditas pangan dan bahan habis pakai untuk kesehatan) serta menjamin ketersediaan kebutuhan pokok dengan jumlah yang aman selama pembatasan diberlakukan.

Kedua, meningkatkan peran BUMN, BUMD dan pelaku usaha lainnya sebagai distributor bahan pangan strategis.

Ketiga, melakukan sidak terhadap distributor dan pengecer barang bekerjasama dengan satgas pangan.

Keempat, menjamin keselamatan, kesehatan dan menyediakan bantuan sosial kepada pihak terdampak.

Kelima, Pemerintah Kabupaten Mimika, TNI-Polri bersineri untuk memastikan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Keenam, Bupati Mimika dapat mengambil langkah-langkah tindak lanjut dengan berpedoman pada kesepakatan bersama Gubernur Papua dengan Forkompinda Provinsi Papua, bupati/walikota dan semua stakholder.

Ketujuh, Pemprov Papua dan Pemda Mimika bertanggungjawab menyediakan alokasi pembiayaan yang cukup dan bersinergi untuk mendukung penuh upaya pencegahan, pengendalian dan penganggulangan serta penanganan dampak akibat kasus Covid-19

Bupati Mimika Altinus Omaleng mengatakan, pemerintah daerah melalui dinas koperasi akan mendatangi warga amsyarakat di sudut kota baik di SP12 hingga Nayaro dan Pomako untuk membeli semua jualan milik masyarakat. 

“kita siapkan anggaran melalui dinas Koperasi yang akan turun di masyarakat cotohnya di Nayaro untuk mengambail barang mereka dan menjual di Timika, “ ujarnya. 

Ini merupakan terobosan Pemerintah daerah untuk membatasi akses masyarakat ke kota timika, sehingga masyarakt tetap tinggal di rumah. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika