Main Area

Main

Pembobolan Mesin ATM Bank Niaga Diduga Sudah Direncanakan

Tim Inafis Polres Mimika ketika melakukan olah TKP/Foto : Tabukan Ewa. com

Timika,TabukaNews.Com-Pelaku yang nyaris membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank CIMB Niaga di Jalan Yos Sudarso, atau tepatnya depan Toko Mega Square, pada Kamis (31/10) pagi tadi, sekitar pukul 03.40 Wit sudah merencanakan aksinya.

Kasat Reskrim Polres Mimika melalui Paur Identifikasi sekaligus Ketua Tim Olah TKP Satreskrim Polres Mimika, Aipda Ramli mengatakan, dari aksi rencana pembobolan mesin ATM milik Bank CIMB Niaga, pihaknya telah melakukan olah TKP.

"Dari hasil olah TKP, kita mendapatkan kamera CCTV yang berada di pojok kiri atas telah tertutup dengan cat warna hitam.

Begitu juga dengan dua kamera CCTV pada layar ATM, juga sudah tertutup cat warna hitam," katanya.

Selain itu, kata Aipda Ramli bahwa terlihat juga dipintu pada mesin ATM sudah terbelah yang diduga dengan menggunakan alat listrik.Namun pelaku belum sempat mengambil uang.

"Karena masih terlihat jelas sisa dari upaya pembongkaran mesin ATM. Dan kami belum tau apakah pelaku menggunakan gurinda atau las," katanya.

Disampaikan juga bahwa, walaupun sempat membelah pintu pada mesin ATM, pelaku belum sempat mengambil uang dikarenakan pada saat melakukan aksinya ada seorang warga mengetahui,sehingga pelaku langsung membunyikan tiang listrik dan kabur.

"Dalam olah TKP, kami hanya mendapatkan kertas yang terbakar. Dan diduga terkena alat listrik," terangnya.

Terkait dengan kamera CCTV di depan Mega Square, kata dia, pihaknya tidak mendapatkannya. Sementara hasil koordinasi dengan pemilik Toko Murah Senang Hati, yang letaknya tepat di depan ATM, kamera CCTV sudah tidak berfungsi.

Ia menambahkan, dari pengalaman kasus yang kita tangani, diduga pelaku sudah merencanakan aksi ini. Dan dilakukan oleh orang yang profesional.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika