Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pemblokiran Jaringan Internet di Timika Perkeruh Masalah

Humas Lemasko Marianus Maknaipeku/ Foto:Tim


Timika, Tabukanews.com,Hubungan Masyarakat Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Marianus Maknaipeku menilai pemblokiran jaringan internet di Papua oleh Pemerintah pusat telah memperkuh masalah yang mana mengaitkan masalah rasisme dengan masalah jaringan hingga merugikan masayarakat Papua.

"Kami dari lembaga menilai Pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi memperkeruh masalah. Artinya akses internet itu harus dibuka," kata Marianus ketika menghubungi  melalui sambungan telepon, Jumat (30/8).

Menurutnya, persoalan rasisme yang dialami oleh sejumlah mahasiswa Papua di Surabaya kita dalam penanganan pemerintah pusat dan akan diselesaikan, sedangkan akses internet terdapat banyak kepentingan masyarakat didalamnya.

Sebagai sesama anak  bangsa memiliki hak yang sama untuk menikmati layanan internet, sedangkan pemblokiran akses internet tentunya membatasi ruang gerak dari masyarakat di Papua untuk berkarya.

Salah satu contoh media online, keuangan, bursa efek, penyedia barang melalui situs online yang memiliki ketergantungan dengan jaringan internet akan merasakan dampaknya, baik sisi pemasukan maupun pelanggan.

"Karena persoalan rasisme yang terjadi itukan ada yang urus, tapi masalah internet itu kepentingan bersama, sebagai anak bangsa punya hak yang sama untuk menikmati layanan. tapi kalau diblokir begini ini sudah intimidasi namanya," terangnya. 

Ia mengungkapkan aksi demo lanjutan yang terjadi di Jayapura Kamis (29/8) bisa ssaja buntut dari pemblokiran jaringan internet oleh Pemerintah pusat
"Walaupun ada masalah tapi internet tidak bisa di blokir dan masalah demo kemarin di Jayapura mungkin salah satunya itu," ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah bisa membuka blokir jaringan internet agar masyarakat di Papua bisa menikmati jaringan internet sama halnya dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

"Jadi kami minta pemerintah segera buka akses internet," harapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika