Main Area

Main

Pembangunan Venue Futsal Mencapai 75%, TD Belum Dapat Gambaran Umum

konferensi pers Technical Delegate Futsal dan Yudo Cluster Mimika Dinilai Siap Untuk Cabor Futsal / Tim Tabukanews.com

Mimika, Tabukanews.com - Technical Delegate Cabor Futsal dari PSSI Efraim Bawole mengatakan, Sub Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) Cluster Mimika dinilai siap melaksanakan cabor Futsal, setelah adanya peninjauan langsung oleh Technical Delegate Futsal, Sabtu (10/8). Yang mana progres pembangunan tersebut sudah mencapai 75%.

"Hari ini saya bisa sampaikan bahwa Mimika siap untuk pelaksanaan Pon cabor futsal," kata Efraim saat konferensi pers di kantor Koni Mimika di jalan Hasanudin, Sabtu (10/8).

Menurutnya, Kabupaten Mimika merupakan Cluster pertama dari5 Cluster lainnya yang mengundang Technical Depefate untuk melihat secara langsung kesiapan pembangunan venue yang dibangun. 

"Kami beri apresiasi kepada sub PB PON Cluster Mimika karena merupakan Cluster pertama yang mengundang TD secara cara langsung untuk melihat perkembangan Venue Futsal," jelasnya.

Dalam meninjau tersebut, progres pembangunan venue futsal sudah mencapai 75%, karena masih menunggu tahap finishing indoor berupa rumput dan pencahayaan dan fasilitas lainnya, hanya saja pihaknya belum bisa memberikan gambaran secara detail kepada Pemda maupun KONI terakhir fasilitas yang ada pada venue tersebut. 

Lanjutnya, dalam pembangunan venue tersebut, pihak pemerintah, dan kontraktor selalu berkoordinasi dengan technical delegate futsal sehingga venue tersebut sudah sesuai dan berstandar internasional.

"Sampai dengan saat ini kami bisa memberikan gambaran kepada pemerintah Kabupaten Pemerintah Kabupaten bahwa venue futsal yang dibangun sudah sampai tahap 75% penyelesaian, dan selalu berkoordinasi dengan technical delegate sejak awal dibangun," ungkapnya.

 

Hanya saja, dirinya berharap agar setelah venue tersebut rampung diawal tahun 2020 mendatang, Sub PB PON Cluster Mimika harus melakukan uji coba lapangan atau tes event sebelum pelaksanaan PON, hal tersebut bertujuan agar bisa mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada venue tersebut untuk selanjutnya dibenahi.

"Kami harapkan akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 venue futsal ini sudah di pergunakan atau tes event untuk melihat apa-apa saja yang masih kurang dan apa-apa saja yang mesti diperbaiki," harapnya. 

Sementara itu ditamya terkait dua cabor yang akan dilaksanakan di venue futsal, kata Efraim, cabor futsal dan bola tangan memiliki kesamaan dalam bentuk lapangan, hanya saja yang membedakan dari garis lapangan.

"Lapangan ini digunakan oleh futsal identik dengan lapangan yang digunakan oleh buah tangan," kata Efraim.

Pada saat pertandingan, baik futsal dan bola tanfan nantinya tidak menjadi masalah, sebab cabor futsal nantinya akan dipertandingkan lebih dulu disusul cabor bola tangan. Venue futsal tersebut juga tersedia lapangan latihan yang mana bisa digunakan untuk perbandingan bola tangan.

"Lapangan untuk pertandingan dari latihan dua-duanya bisa digunakan kan, makan GOR itu multifungsi termasuk flooring di dalamnya," ungkapnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika