Main Area

Main

Pembangunan Asrama Mahasiswa Manokwari Terkendala Lahan

TIMIKA, TABUKANews.com - Anggota Komisi A DPRD Mimika, Elieser Ohee mengatakan, pembangunan asrama di kota studi Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat sudah selesai namun terkendala (terbentur) pada pembebasan lahannya. Hal ini menyebabkan puluhan mahasiswa asal Timika belum bisa menempati asrama yang dibangun  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika di Manokwari.

 

"Pemerintah belum bayar tanah. Yang sudah bayar hanya sebagian dan sebagfiannya belum diterima pemilik lahan,”kata Elieser Ohee saat ditemui Kantor DPSRD Mimika, Senin (30/7).

 

Ohee mengungkapkan, selama ini mahasiswa asal Timika yang menuntut ilmu di Manokwari hanrus megogok kocek (saku) sediri untuk menyewa rumah kontrakan (rumah kos).  Melalui kunjungan DPRD ke Manokwari menjadi catatan penting agar Bagian Pertanahan dan Bagian SDM Setda Mimika dapat merencanakan pembebasan lahan ini sehingga anak-anak Mimikla bisa pakai asrama itu.  Sepanjang Pemkab belum selesaikan semua, anak-anak belum bisa tinggal di asrama itu. 

 

"Sementara ini banyak mahasiswa yang kos dengan biaya pribadi. Kasihan mereka di sana harus mencari sendiri, "ungkap Ohee.  

 

Untuk menyikapi hal itu, kata Ohee, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Mimika sehingga segera menyikapi persoalan ini agar segera melunasi tunggakan pembebasan lahan ini sehingga anak-anak bisa tinggal di asrama. 

 

"Jadi kita akan lakukan pertemuan dengan pihak SDM," katanya.

 

Ohee berharap, setelah dilakukan pertemuan, kiranya persoalan tersebut dapat direalisasikan secepatnya oleh Bagian  SDM Setda Mimika pada anggaran perubahan. Kedepan mahasiswa dan mahasiswi asal Timika bisa tinggal di asrama.

 

"Jadi kita mohon tahun ini di anggarkan di perubahan supaya anak-anak kita bisa menempati tempat itu. Memang sudah dibangun tapi belum ditempati karena belum ada pembebasan lahan," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika