Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Pembahasan APBD-P Direncanakan Awal Agustus

Timika, TabukaNews.com - Pembahasan APBD-P tahun anggaran 2021 direncanakan akan dibahas  awal Agustus. Mengingat pegelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  Papua tinggal dua bulan lagi.

Aleks Tsenawatme, Wakil Ketua I DPRD Mimika ketika dikonfirmasi media ini, Senin (26/7)  mengungkapkan, DPRD Mimika sedang menunggu materi perubahan dari pemerintah. Setelah Sekwan menerima dokumen, akan diperbanyak dan dibagi ke fraksi-fraksi DPRD untuk mempelajari bahan materi itu. Selang beberapa hari setelah itu diperkirakan DPRD sudah siap masuk ke dalam Paripurna pembahasan APBD Perubahan itu.

“Kami sudah bersurat agar eksekutif segera memasukkan materi. Kalau kami sudah terima, butuh beberapa hari untuk dipelajari kemudian dibahas dalam Paripurna. Agenda ini sudah terjadwal di Bamus (Badan Musyawarah), hanya kita penyesuaian waktu saja. Estimasi waktunya, kalau tidak di akhir bulan ini, di awal bulan Agustus,” ujar Aleks.

APBD Perubahan ini dinilai penting terhadap kegiatan suksesi PON dan Pesparawi di Mimika sebagai tuan rumahnya. Sehubungan dengan penyesuaian terhadap anggaran, terutama bila menemui kendala kurang anggaran.

Aleks Tsenawatme  menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat ini juga akan memanggil dan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sub Panitia Besar (PB) PON Mimika guna mendapat presentasi sejauh mana persiapan telah dilakukan termasuk untuk mengetahui perkembangan terkini dari pembangunan venue-venue PON dan infrastruktur penunjang lainnya. Direncanakan RDP itu akan digelar di pekan ini.

“Panitia Khusus yang sudah ditetapkan akan memanggil PB PON sehingga mereka bisa presentasi terkait kegiatan persiapan sudah realisasi sejauh mana. Juga tentang venue-venue PON bisa diberitahu ke Dewan, termasuk kendala-kendala baik teknis persiapan dan anggaran,” ungkapnya.

RDP ini merupakan bagian dari kegiatan Panitia Khusus (Pansus) DPRD yang telah ditetapkan lewat Paripurna DPRD Mimika sebelumnya. Tugas Pansus baik PON dan Pesparawi adalah untuk mengawal kerja panitia kegiatan di Mimika guna memastikan semua berjalan tepat sasaran sesuai strategi suksesi iven akbar itu di tengah pandemi Covid-19.

Aleks Tsenawatme berharap, pemerintah dan seluruh rakyat Mimika bisa sukses menggelar dua kegiatan besar, PON dan Pesparawi ini. Dan diharapkan dampaknya positif pada pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan rakyat di Mimika. 

“Sukses PON, sukses juga pembangunan di daerah dan yang paling penting bawa dampak ekonomi bagi rakyat Mimika,” tandasnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika