Main Area

Main

Pembagian Saham 51%, Mimika Dapat 7%

TIMIKA, TABUKAnews.com - Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH mengatakan, Mimika mendapatkan 7% dari pembagian saham PT Freeport Indonesia sebesar 51% yang nantinya akan di bagi kepada Lembaga Adat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dan modal.

"Jadi dari 51% saham itu 10% nya dikasih ke kami di Papua. Mimika dapat 7%," kata Eltinus Omaleng kepada wartawan di bilangan Yos Soedarso, Rabu (10/1).

Ia mengungkapkan, saham sebesar 10% tersebut, dirinya memberikan 3% kepada pihak Pemprov Papua dan sisanya sebesar 7% kepada Mimika. Nantinya 7% saham tersebut akan dibagi kepada Pemilik hak ulayat dan warga yang terkena dampak langsung sebesar 3%, dan saham sebesar 1% yang nantinya akan menjadi modal dalam operasi pertambangan. Sisa 3% saham akan diberikan kepada Pemkab Mimika.

"Saya putuskan untuk provinsi itu 3% dan Mimika itu 7% dan dibagi lagi 3% untuk pemerintah 3% untuk masyarakat adat dari satu proses untuk modal," ungkapnya.

Hanya saja. Kata Eltinus Pemerintah Pusat masih negosiasi dengan pihak manajemen Freeport terkaot tawaran tersebut. Dan hingga saat ini belum ada kepastian persetujuan atau tidak.

"Jadi sekarang ini Menteri Keuangan dan tim masih negosiasi dengan manajemen kerja Freeport Apakah setuju atau tidak," katanya. (Tim)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika