Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Untuk Membantu Pemdes

Foto bersama Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kadistrik Miktim dan peserta pelatihan/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Balai Latihan Masyarakat Jayapura melakukan pelatihan terhadap kader-kader Pemberdayaan Masyarakat di masing-masing kampung di wilayah administrasi Distrik Mimika Timur (Miktim) guna menunjang pelaksanaan kegiatan dalam membantu tugas kepala kampung dan Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam).

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Distrik Mimika Timur (Miktim), Rabu (5/5) yang dibuka oleh Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Mimika Maikel Gomar, S. STP

Gomar  mengatakan, kegiatan Balai Latihan Masyarakat (BLM) yang dilakukan oleh BLM Jayapura untuk kedua kalinya di distrik Miktim disambut baik oleh pihak Distrik dan masyarakat.

Karena, yang menjadi kendala saat ini, terbatasnya anggaran distrik, sehingga pihak Distrik tidak bisa melaksanakan kegiatan pelatihan terhadap kader-kader yang bisa membantu tugas pemdes, namun latihan yang dilakukan saat ini tentu sangat membantu pihak distrik dan juga BPMK.

"Saya  bersyukur karena memang batasan dan ketidak tersedianya dana yang ada di distrik sehingga kita mau melakukan kegiatan bagi kader-kader yang ada di masyarakat untuk mereka dapat membantu kepala kampung atau Pemerintah kampung itu sangat terbatas," kata  Gomar

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak delapan orang dari masing-masing kampung. Nanti peserta tersebut akan diseleksi mana yang dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan di kampung sangat membantu atau memberikan kontribusi.

"Perwakilan dari masing-masing kampung berjumlah delapan orang, nanti kita akan saring mereka lagi supaya mereka yang benar-benar membantu dengan tulus kita pasti ada upah yang kita dapat," ungkapnya.

Ia mengharapkan, dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan BLM Jayapura bersama BPKM Kabupaten Mimika kepada kader-kader di distrik, kiranya ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam semua kegiatan yang dilakukan oleh Pemdes, dalam hal ini Kepala desa atau kampung maupun Bamuskam.

"Dengan pelatihan yang saat ini dilakukan diharapkan agar bisa setelah masyarakat mendapatkan ilmu yang mereka dapat selama empat hari kiranya dapat bermanfaat untuk membantu pemdes lebih khusus kepala kampung lebih khusus Bamuskam," harapnya. (Jrl)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika