Main Area

Main

Pelaku Pengambil Bendera di SP2 Alami Depresi

TIMIKA, TABUKANewa.com -  Maraknya terjadi pencabutan bendera merah putih menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia HUT RI di Kabupaten Mimika, karena berbagai faktor, baik dari permasalahan ekonomi, bertentangan dengan NKRI, sampai gangguan jiwa.  

 

"Kemarin sudah kita lakukan penangkapan terhadap pelaku di SP2 ternyata pelakunya depresi, dan tidak ada unsur kesengajaan," kata Kapolres Mimika saat ditemui di halaman gedung Graha Eme Neme Yaware ENY, Selasa (14/8).

 

Kapolres mengungkap, tidak hanya di SP2, namun dibeberapa tempat seperti di jalan Irigasi, dan di SP1. yang memiliki latar belakang karena masalah ekonomi sehingga tidak mampu untuk membeli bendera untuk dipasang di rumahnya.

 

Pelakunya langsung diamankan, dan untuk memastikan kebenarannya, pihak Polres Mimika mendatangi rumah pelaku untuk memastikannya dan memang tidak ada bendera dirumah tersebut.

 

"Kemudian di Irigasi depan pasar Sentral itu tertangkap tangan, pada saat dia mengambil dan berhenti dari sepeda motor langsung kita amankan pengakuannya dirumah tidak ada bendera, dan kita cek kesana memang tidak ada bendera, sedangkan motor yang dipakai itu juga motor pinjaman," ungkapnya.

 

Kapolres menjelaskan, berdasarkan UU nomor 7 menjelaskan, kewajiban dari warga negara untuk memasang bendera dalam rangka memperingati HUT RI, namun apabila warga tersebut tidak mampu atau tidak memasang, Pemerintah setempat wajib memberikan bendera untuk dipasang, beda halnya dengan pengrusakan bendera, dan pencurian bendera akan diproses hukum.

 

"Sekali lagi dalam UU bendera lambang negara dan bahasa pasal 7 dikatakan bahwa setiap warga negara wajib memasang bendera, apabila warga tidak mampu memasang bendera, maka Pemda wajib untuk memasang," jelas Kapolres.

 

Menindaklanjuti hal tersebut, pihak Pemkab Mimika dan Pihak TNI/Polri telah menyiapkan sebanyak 15 bendera merah putih yang dibagi kepada seluruh masyarakat Mimika.

 

"Kita tidak pilar, Pemda Polri dan TNI sudah bagi bendera, terhitung 15 ribu bendera telah dibagi dan dipasang disudut kota," ungkapnya. (Rfl/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika