Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Pelabuhan Amor dan Pabrik Sagu, LPMAK Masih Urusi Ijin AMDAL

Sekertaris Eksekutif LPMAK Abraham Timang/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Sekertaris Eksekutif LPMAK Abraham Timang mengatakan pihaknya masih mengurus ijin Analisis Dampak lingkungan (Amdal) pelabuhan amor dan pabrik sagu milik LPMAK di Kementerian Kehutanan dan Kementrian Kelautan

"Untuk pelabuhan Amor dan pabrik sagu sampai dengan sekarang ini masih proses ijin Amdal," kata Abraham ketika ditemui usai mengikuti tatap muka dan doa bersama di resto Cendrawasih 66, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, Saat ini pihaknya masih menunggu ijin tersebut, apabila telah diterbitkan ijin tersebut maka pihaknya akan melakukan pertemuan untuk pengoperasian pabrik sagu yang berada di kampung Keakwa.

"Kalau sudah selesai secara resmi akan kami undang untuk buka artinya operasi pabrik itu sendiri," jelasnya.

Pelabuhan amor dan Pabrik Sagu yang dibangun beberapa tahun lalu telah rampung, hanya saja saat ini belum di operasikan lantaran pengurusan administrasi ijin tersebut yang belum rampung.

Artinya, terkait pemanfaatan lahan perlu diturunkan status dari hutan lindung ke hutan hak guna usaha di kementerian terkait sehingga proses penerbitan ijin tersebut yang masih di tunggu hingga saat ini.

"Dibangun 4 tahun lalu. Kalau pabrik sagu dibangun tahun 2017 dan itu posisinya sudah selesai dibangun, hanya untuk sementara ini sedang menyiapkan proses administrasi soal AMDAL juga pemanfaatan hutan dari hutan lindung ke hutan hak guna usaha di kementerian kehutanan dan kelautan setelah itu baru kami akan resmikan secara terbuka," ungkapnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika