Main Area

pesparawi xiii

Main

Pedagang Pasar Lama Enggan Direlokasi ke Pasar Sentral

Pedagang Pasar Lama Enggan Direlokasi ke Pasar Sentral/Foto : Tim

TIMIKA, TABUKANews.com - Hingga kini pedagang Pasar Lama yang berlokasi di Jalan Bayangkara masih enggan untuk direlokasi ke Pasar Sentral Timika. Para pedagang lebih memilih untuk berjualan di pinggir jalan tersebut ketimbang harus pindah ke Pasar Baru.

Mince Gobay (40) salah seorang pedagang kepada wartawan, Kamis, (31/1) mengatakan, bahwa ia dan para pedagang lainnya tidak mau direlokasi ke Pasar Sentral selama pengelolaan pasar tersebut dilakukan secara transparan dan tertstruktur.

“Kalau kami dipindahkan sekarang ke sana, apakah pemerintah bisa jamin kalau dagangan kami akan dibeli orang? Kami lebih memilih disini, karena setiap hari jualan kami pasti laku,” tuturnya.

Ia meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika untuk melakukan pendataan kepada semua pedagang yang aktif berjualan di Timika, sehingga ketika melakukan relokasi ke Pasar Sentral, tidak ada pedagang yang merasa dirugikan.

“Kami hanya mau dagangan kami laku. Pernah dulu, beberapa pedagang yang mencoba jualan disana, tapi kembali lagi ke sini, karena jarang pembeli yang masuk ke pasar. Tidak seperti di sini, dari pagi sampai sore, pembeli selalu ada,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Mimika terpilih, Johannes Rettob kepada wartawan mengatakan, bahwa masalah Pasar Sentral merupakan salah satu PR yang akan ia kerjakan pada saat dilantik nanti.

“Beberapa waktu lalu kami mengunjungi pedagang yang ada disana, bincang-bincang dengan mereka dan mendengar aspirasi serta keluhan mereka. Satu kata kunci adalah pasar itu harus ditata ulang. Pedagang yang ada pun harus didata, supaya kita tahu ada berapa jumlah total pedagang yang berjualan di Pasar Sentral,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika