Pedagang Online Kini Bisa Peroleh Kredit KUR

Pedagang Online Kini Bisa Peroleh Kredit KUR

Timika,TabukaNews.com

BUMN merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan di berbagai sektor kehidupan masyarakat, dimana BUMN berperan menjadi lokomotif penggerak ekonomi dengan berbagai programnya yang bisa dinikmati langsung oleh rakyat.

Hal ini diketahui melalui sosialisasi yang bertajuk ‘BUMN sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional di Jalan Hasanuddin pada Kamis (23/12) yang dilaksanakan oleh Anggota DPR-RI, Trifena M Tinal, bekerja sama dengan BUMN. Sosialisasi menyasar ratusan pelaku UMKM di Timika, dengan narasumber Budi Prastiyanto, SH, yang merupakan Kepala BRI Cabang Timika.

Trifena M Tinal mengatakan, peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat strategis dan memiliki kemampuan sebagai lokomotif untuk menjalankan berbagai program yang sudah sangat dinanti masyarakat.

Katanya, BUMN dalam rangka pemulihan ekonomi nasional hadir langsung untuk masyarakat dalam berbagai bentuk program, baik di bidang kesehatan, ekonomi, pembiayaan korporasi, terutama selama masa pandemi Covid-19.

“BUMN sebagai mitra kerja DPR RI juga hadir langsung membantu masyarakat melalui berbagai macam program dan bantuan yang bisa dirasakan masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,”ungkapnya.

Disampaikan, kegiatan tersebut juga sebagai wujud nyata sinergi dan kolaborasi BUMN sebagai kepanjangan tangan pemerintah dengan berbagai lembaga, baik pemerintah pusat, daerah dan swasta.

Sementara itu, Budi selaku narasumber dalam kesempatan tersebut menyampaikan berbagai kemudahan bagi pelaku UMKM dalam memperoleh fasilitas kredit bahkan tanpa agunan, diantaranya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pasalnya dengan KUR, para pelaku usaha tidak perlu dibebani dengan bunga yang tinggi. Selain itu perolehan atau syaratnya juga sangat mudah, karena hanya dengan keterangan usaha dari lurah sudah bisa mendapatkan kredit, namun usahanya harus sudah berjalan minimal enam bulan.

“Pedagang online juga bisa mendapat kredit ini,” katanya.

Sementara itu ratusan peserta yang hadir tampak sangat antusias dengan sosialisasi ini, karena pada prinsipnya hampir seluruh peserta selama ini belum mengakses kredit ke perbankan, dikarenakan banyak diantaranya belum memiliki agunan untuk kredit.

Kata Budi, KUR Mikro Bank BRI berupa kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafond sampai dengan Rp25 juta per debitur. Dijelaskan, yang bisa memperoleh kredit ini bisa siapa saja, individu atau perorangan yang melakukan usaha produktif dan layak  kemudian telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan.  

Acara sosialisasi tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama. (*)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata