Main Area

Main

PBSI Mimika Resmi Gelar Badminton Bupati Cup 2019

Penjabat Sekda Mimika, Marthen Paiding memukul bola sebagai tanda dimulai Badminton Bupati Cup 2019 yang berlangsung di Lapangan PB Ar-rahman, Senin (7/10) malam/Foto : Tim Tabukanews.com

Timika,TabukaNews.com- Persatuan Bukutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Mimika menyelenggarakan Tournament Badminton Bupati Cup 2019 selama 1 minggu, dari tanggal 7 Oktober hingga 14 Oktober. Pembukaan Tournament tersebut berlangsung di lapangan bukutangkis PB Ar-Rahman, Senin (7/10) malam.

Dalam penyelenggaran tournament Badminton Bupati Cup 2019 di sponsor oleh, BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi, Sandvik, PB Kurnia Jaya Karya, Redpath, Bank BRI, Trakindo, Pemerintah Kabupaten Mimika, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Garuda Indonesia, PT Turangga Putra, PT Fajar Utama Mandiri, Diana Shoping Centre, Bank Papua, Pangansari Utama, Klinik MMC, PT Pengembangan Jaya Papua, Toko Anda Toko Umega Baru, Dinas Kesehatan, Toko Hidayah, Toko Farhan.

Dalam tournament tersebut dibagi menjadi dua grup, yang mana grup A diisi oleh 5 PB diantaranya, PB Kurnia A, PB Sandvik, PB Jasti A, PB Hadayah, PB Bhayangkara A, dan grup B diisi oleh 19 PB diantaranya, PB Kurnia B, PB Bhayangkara B, PB Jasti B, PB Hidayah B, PB Olimpic, PB Extra A, PB Extra B, PB Ar-Rahman, PB Al Azar, PB Galaxi B, PB Bantimurung, PB Trakindo, PB Amongo, PB Raja 1, PB Raja 2, PB Arwasih, PB Pemda 2, PB Maspul, PB Basecamp.

Hadir dalam pembukaan tournament tersebut, Wakil Bupati Mimika yang juga selaku ketua PBSI Kabupaten Mimika Johannes Retno, S. Sos. MM, Sekretaris KONI Mimika Cesar Avianto Tunya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mimika Muhammad Thoha, Sesepuh Badminton Yopi Toisuta, Wakil Ketua PBSI Kabupaten Mimika Hj Iwan Anwar, dan seluruh pengurus PBSI Kabupaten Mimika dan para atlet dari seluruh PB yang bertanding.

Ketua PBSI Mimika Johannes Rettob, S. Sos. MM dalam sambutannya mengatakan, pembukaan kejuaraan Badminton Nupati Cup 2019 merupakan janji yang sudah ditepati setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati awal september lalu.

"Pelaksanaan kegiatan ini berkat  sesuai dengan janji kami sebelum pelantikan akan melaksanakan pertandingan kejuaraan Bupati Cup," kata Ketua PBSI Mimika, Senin malam.

Ia menjelaskan, Kejuaraan tersebut bisa terselenggara atas dukungan berbagai pihak yang telah membantu dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Kami juga ucapkan terima kasih banyak untuk para sponsor yang sudah membantu kita didalam pelaksanaan kejuaraan ini," jelasnya.

Ia berharap kejuaraan yang telah dilaksanakan atau terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan harapan ada bibit-bibit baru yang diorbitkan untuk membawa nama kabupaten Mimika baik di tingkat daerah, tingkat Papua, nasional dan internasional.

"Kita berharap kejuaraan ini akan dilaksanakan setiap tahun supaya kita bisa keluarkan atlet-atlet yang handal untuk bisa bertanding di kancah Papua maupun nasional bahkan internasional," harapnya.

Sementara itu Ketua KONI Mimika Cesar Avianto Tunya dalam sambutannya mengatakan, terselenggaranya turnamen badminton Bupati Cup 2019 merupakan suatu kerinduan para pebulutangkis di Mimika, yang mana organisasi PBSI sudah lama vakum dan baru dibangkitkan kembali melalui kejuaraan Bupati Cup.

"Ini merupakan kerinduan PBSI Mimika bisa bangkit dan membuat kompetisi Bupati Cup 2019 Mimika, dalam catatan kami Koni Mimika PBSI tidak melaksanakan kegiatan sudah lama," katanya.

Kejuaraan tersebut tentunya perlu dukungan semua pihak agar bisa mengglorifikasikan panji-panji bulutangkis dari kota hingga ke pelosok Mimika, sehingga bulutangkis tetap ada dan bisa mencetak bibit-bibit baru dan bisa mencatatkan prestasi.

"Kami juga minta dukungan dari pemerintah supaya panji-panji olahraga di Mimika kibarkan sampai ke pelosok-pelosok," katanya.

Sementara itu mewakili Bupati Mimika, Penjabat Sekda Mimika Drs. Marthen Paiding, M. MT mengatakan, Pemkab Mimika memberikan apresiasi kepada pengurus PBSI dan Pengurus Koni Mimika yang melaksana kejuaraan Tournament Badminton Bupati Cup.

"Pemda sangat mengapresiasi pengurus yang beberapa minggu lalu dilanfik dan malam ini sudah melaksanakan kegiatan," kata Sekda.

Ia menjelaskan, melalui kejuaraan tersebut merupakan suatu kebersamaan dalam mendorong kemajuan olahraga di Mimika, yang memiliki nilai-nilai sportifitas, kedisiplinan, dan latihan yang keras.

"Kegiatan ini diharapkan melakukan olahraga di Mimika dan memahami karena merupakan suatu wujud kebersamaan sekaligus kita mendorong pelaksanaan olahraga dan kemajuan di Mimika," jelasnya.

Ia juga mengharapkan agar para atlet dapat berolahraga dengan sungguh-sungguh dengan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah, yang mana ada beberapa venue telah dibangun dalam rangka PON XX tahun 2020.

Nantinya venue-venue tersebut akan dimanfaatkan okeh para atlet untuk terus berlatih.

"Kami terima kasih kepada Koni dan PBSI atas kejuaraan ini, kiranya kedepan olahraga bulutangkis di Mimika lebih berkembang, karena kita memahami setelah PON nanti sarana dan prasarana yang ada di Mimika jauh lebih bagus sehingga ini menjadi support sekaligus sebagai penyemangat bagi insan olahraga yang ada di kabupaten Mimika," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika