Main Area

Main

PB PON Sub Mimika Gelar Raker I Bahas Kesiapan PON

Foto bersama Ketua Harian PB PON Sub Mimika Marthen Paiding dan Sekretaris Cesar Avianto Tunya/ Foto: Ricky Lodar/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Guna melihat kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang akan di selenggarakan di Papua, Pengurus Besar PON Sub Mimika akan menggelar Rapat Kerja (Raker) I selama dua hari mulai dari tanggal 28-29 Juni dan akan dihadir oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat dan KONI Provinsi sebagai narasumber.

Ketua Harian PB PON Sub Mimika Drs. Marthen Paiding, M. MT saat menggelar konferensi pers mengatakan, PB PON Sub Mimika akan menggelar Raker I yang akan dilaksanakan selama dua hari dengan narasumber dari KONI pusat yang merupakan pengendali dan pengawas dari kegiatan PON dan Koni Provinsi Papua dan panitia PB PON XX tahun 2020

"Kita (PB PON Sub Mimika) yang sudah melangsungkan kegiatan baik dengan persiapan pelaksanakan yang kita namai raker I yang akan di laksanakan mulai dari tanggal 28-29 Juni 2019 dan dihadiri oleh KONI pusat," kata Marthen.

Sebab, kata dia, selama ini sejak panitia PB PON Sub Mimika di bentuk dan dilantik hingga saat ini belum ada pertemuan berupa raker untuk melihat kesiapan baik sarana prasarana, atlet maupun kesiapan lainnya serta menyamakan persepsi dalam rangka kesiapan PON.

"Selama ini panitia yang sudah terbentuk dan sudah dilantik tapi belum pernah melakukan pertemuan secara bersama-sama. sehingga lewat kesempatan ini kita menyatukan pandangan menyatukan persepsi menyatukan langka dalam rangka kita persiapan pelaksanaan PON di Kabupaten Mimika," terangnya.

Ia menjelaskan, raker yang dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama akan difokuskan pada peninjauan langsung fasilitas PON yang telah siap, seperti Mimika Sport Compleks (MSC), lapangan golf Rimba Irian yang berlokasi di Kuala Kencana, Gor Futsal yang berlokasi di jalan poros SP V, Rusun sebagai tempat tinggal atlet yang berlokasi tidak jauh dari MSC. sedangkan hari kedua akan difokuskan pada penyampaian kesiapan dari semua bidang yang akan dihadiri oleh semua panitia.

"Kegiatan Raker ini, hari pertama diawali dengan Koni pusat dan forkompinda bersama-sama akan melihat kesiapan daripada venue akan dikunjungi sport center, lapangan golf, futsal, rumah susun sebagai bagian dari pada persiapan pelaksanaan PON di Mimika, setelah itu hari kedua kita akan melakukan Raker," jelasnya.

Dengan dilaksanakan raker, kedepan, panitia PB PON Sub Mimika sudah bisa mendapat gambaran terkait pelaksanaan PON untuk masing-masing bidang, sehingga tidak dikatakan Mimika hanya dari sisi sarana dan prasarana saja tapi, namun kesiapan panitia dalam rangka mensukseskan PON di Mimika dan juga kesiapan atlet.

Oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan PON di Mimika agar dapat menerima arahan dan materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

"Setelah kegiatan itu diharapkan panitia sudah bisa mendapat gambaran hal-hal yang akan dilakukan di masing-masing bidang," harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Sekertaris PB PON Sub Mimika Cesar Avianto Tanya, SH dalam konferensi persnya mengharapkan dukungan masyarakat Mimika dalam mensukseskan PON di Mimika dalam hal menjaga kebersihan kota, kamtibmas.

Kendati kesiapan panitia PB PON Sub Mimika telah siap, namun kurangnya dukungan masyarakat, maka pelaksanaan PON di Mimika tidak akan berjalan dengan baik serta akan meninggalkan kesan yang kurang baik bagi para peserta usai pelaksanaan PON di Mimika.

"Masyarakat harus siap menjelang PON 2020 di Mimika, kebersihan kota ditingkatkan di kota, dalam rangka menjelang PON XX tahun 2020 di Mimika menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Walaupun panitia sudah siap di dalam pelaksanaan tetapi masyarakat tidak siap dengan pelaksanaan PON maka ini menjadi masalah," kata Cesar. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika