Main Area

Main

PB PON Harus Kerjasama Dengan PHRI dan Perbankan Untuk Kekurangan Penginapan

Konferensi pres Bidang III PB PON XX tahun 2020 Papua di kantor Koni Mimika/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Ingin memastikan kesiapan kluster Mimika, Bidang III Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX tahun 2020 Papua, Selasa (15/10) melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika untuk memastikan kesiapan dalam bidang akomodasi, konsumsi dan kesehatan.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Ketua Bidang III PB PON Papua yang membawahi akomodasi, konsumsi dan kesehatan juga selaku kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua John Nahumury didampingi Kepala Dinas DP3AKB Provinsi Papua Anike Rawar, Kepala Dinas BP3AKB Kabupaten Mimika Alice Irene Wanma, Event Organizer (EO) Mario, dan Sekertaris Umum KONI Mimika Cesar Avianto Tunya.

Ketua Bidang III PB PON XX tahun 2020 yang juga selaku kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua John Nahumury mengatakan, hasil kunjungan untuk kluster Mimika dibilang telah siap dalam bidang akomodasi, yang mana pekan lalu Kementrian PMK telah melakukan pendataan terhadap hotel-hotel di Mimika yang dinilai telah siap dan layak untuk dihuni.

"Waktu yang tersisa untuk pelaksanaan PON 370 hari, dan hari ini kami sudah kunjungi terkait akomodasi dan hasil komunikasi dan koordinasi dengan teman-teman akomodasi untuk kabupaten Mimika sudah siap, cuma memang disampaikan oleh KONI bahwa minimal bintang 3 tapi kenyataan ada rumah-rumah penduduk yang kita tinggal setelah direhab dan memenuhi standar," kata John Nahumury dalam konferensi pres di Sekretariat PB PON Sub Mimika, Selasa (15/10).

Ia menjelaskan, dari data yang diperoleh sebanyak 9 hotel siap dihuni oleh para atlet, official, namun ada beberapa hotel yang telah didata dan akan melakukan perbaikan fasilitas demi kenyamanan para atlet.

Terhadap kekurangan-kekurangan yang ada, Bidang III memberikan masukkan kepada Kluster Mimika agar bekerjasama dengan pengurus Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Kabupaten Mimika dan perbankan, yang mana PHRI akan menerbitkan sertifikat kepada hotel-hotel tersebut, sedangkan pihak perbankan akan membantu pendanaan sehingga kekurangan-kekurangan yang ada pada hotel bisa dilengkapi.

"Jadi dari data yang ada sudah ada hotel-hotel yang sudah siap dihuni, tapi ada juga yang membutuhkan rehab, PHRI akan berikan sertifikasi dan perbankan sudah siap membantu," jelasnya.

Ia juga menambahkan, dari sisi akomodasi kluster Mimika telah siap baik hotel, dan rumah susun yang dibangun oleh pemerintah, hanya saja perlu penambahan beberapa fasilitas pada wisma tersebut.

"Jadi dari sisi akomodasi saya kira sudah siap, cuma ada beberapa catatan yang kurang seperti  TV, AC, pemanas air, jadi ini harus dianggarkan," tambahnya.

Pada kunjungan sebelumnya dari Kementrian PMK RI, terdapat 9 hotel yang dinilai telah siap menampung semua kontingen yang bertanding di Mimika, yang mana jika diasumsikan satu kamar terdapat dua kasur maka jumlah atlet dan official yang mencapai 2163 bisa mencukupi. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika