Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Pastikan Daging Layak Konsumsi, Disnak Keswan Mimika Periksa Daging Kurban

Timika,TabukaNews.com - Guna memastikan daging layak dikonsumsi oleh warga, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika melakukan pemeriksaan terhadap daging kurban yang disembelih pada perayaan hari raya kurban atau Idul Adha 1442 Hijriah. Proses pemeriksaan dipusatkan pada 61 masjid dan 2 rumah potong hewan kurban.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika Yosefin Sampelino saat ditemui wartawan di Masjid Miftahul Huda milik Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Mimika, Selasa (20/7) mengatakan, bahwa pemeriksaan daging kurban (postmortem) merupakan agenda wajib yang dilakukan tiap tahun.

“Ini adalah agenda rutin kami dari dinas setiap hari raya kurban, karena kami mau memastikan daging ini layak untuk dikonsumsi oleh warga. Karena dalam pemeriksaan postmortem ini, kami memeriksa kesehatan daging. Apakah ada cacing atau parasit yang menempel pada daging maupun organ-organ bagian dalam,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa karena keterbatasan petugas, pihaknya hanya melakukan pemeriksaan postmortem di 22 masjid dan 2 rumah potong hewan, dimana masing-masing titik diperiksa oleh petugas dinas.

“Khusus untuk di LDII ini, mereka sudah diberikan pemahaman untuk bisa melihat kondisi-kondisi daging maupun organ bagian dalam yang memang tidak layak untuk dikonsumsi. Mereka juga sudah belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya mengenai layak dan tidak layaknya daging yang harus dikonsumsi,” ungkapnya.

Ditambahkan, bahwa untuk hari pertama jumlah hewan kurban yang sudah disembelih sudah mencapai 244 kor sapid an 101 ekor kambing.

“Besok jumlahnya pasti akan bertambah dan bisa saja mencapai 300 ekor sapi karena masih ada 3 masjid yang sembelih hewan kurban besok, dan 2 rumah potong hewan juga masih lakukan pemotongan hewan, dan ditambah lagi dengan masjid-masjid yang ada diwilayah satuan pemukiman,” ujarnya.

Sementara di lokasi lainnya, yakni di Masjid Al Muhajirin SP1, jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak 11 sapi dan 5 kambing yang dibagi di 3 masjid dan 5 mushola. Hal ini disampaikan oleh Ketua DKM Al-Muhajirin H. Bahroni saat ditemui wartawan disela-sela proses pemotongan hewan kurban.

“Karena dalam masa pandemi Corona, proses pembagian daging kurban didistribusikan ke 3 masjid dan 5 mushola, namun hewannya dipotong disini,” imbuhnya. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika