Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Pasar Pasar Penunjang Harus Diaktifkan Dan Difungsikan

Muhammad Nurman S Karupukaro/ Foto : tim

TIMIKA,Tabukanews.com - Pasar pasar penunjang yang ada di beberapa satuan pemukiman atau di distrik distrik dan Kelurahan yang tersebar di seluruh kabupaten Mimika agar segera diaktifkan atau difungsikan guna menopang pasar sentral yang ada di Jalan Hasanudin.

Harapan tersebut disampaikan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Mimika Muhammad Nurman S Karupukaro,   menyikapi banyaknya keluhan warga yang enggan untuk datang berbelanja di pasar Sentral karena sulit dijagkau dan fasilitasnya sangat tidak layak.

"Kenapa pasar pasar penunjang itu harus diaktifkan, sebab kelayakan pasar Sentral sangat jauh dari yang diharapkan. Selain penataan los dan fasilitas jalan sangat memprihatinkan dan banyak kubangan, hal inilah yang membuat banyak warga Mimika memilih berbelanja di pasar pasar dadakan yang muda dijangkau,"tegas Nurman di kantor DPRD Mimika, Kamis (27/6). 

Karena faktor kondisi pasar Sentral yang belum maksimal tersebut, sehingga  Nurman berharap pemerintah melalui OPD tehnis untuk bisa mengaktifkan pasar pasar penunjang yang ada di distrik distrik atau dipemukiman warga, seperti di Pasar Kelurahan Karang Senang, Pasar di Kelurahan Wania, Pasar di Kampung Utikini, Pasar di Mapurujaya dan di Pasar SP 2.

"Untuk mengaktifkan pasar pasar penunjang tersebut maka semua jenis kebutuhan harus ada di pasar penunjang tersebut. Seperti kebutuhan daging, ikan, sayur dan buah buahan harus ada dipasar penunjang sehingga warga bisa berkunjung ke pasar pendukung tersebut,"ungkap Nurman.

Nurman mengakui, pasar Sentral bisa menjadi satu satunya pasar yang akan dipenuhi masyarakat bila pasar tersebut ditata dengan baik serta melengkapi atau membenahi semua fasilitas pendukung.

"Pasar Sentral akan menjadi satu satunya pilihan warga untuk datang berbelanja berbagai kebutuhan kalau ditata dan dikelola secara baik. Salah satunya adalah fasilitas jalan yang paling utama untuk diperbaiki, karena kondisinya saat ini sangat kumuh karena banyak kubangan dan pecek. Inilah yang harus paling prioritas oleh OPD,"pintanya. 

Apalagi jelang pelaksanaan PON ke XX, salah satu fasilitas yang perlu dibenahi menurut  Nurman adalah pasar karena seluruh kebutuhan ada dipasar. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika