Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Layanan Poli KIA dan Imunisasi Di PKM Pasar Sntral

Timika, Tabukanews.com - Layanan Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta layanan Imunisasi bagi anak di Puskesmas Pasar Sentral Timika terjadi penurunan. Hal ini disebabkan adanya virus corona yang hingga saat ini menjadi momok menakutkan bagi warga Kota Timika khususnya bagi ibu dan anak yang berkeinginan melakukan pengontrolan kesehatan.
“Selama pandemi ini karena ibu hamil kebanyakan takut untuk datang sehingga berkurang, tetapi akhir-akhir ini selama masa New Normal sudah banyak yang datang itupun kalau mereka ada keluhan,”Ujar Yulce Vera Manderi penanggungjawab KIA Puskesmas Pasar Sentral, Rabu (9/9) kepada wartawan di ruang kerjanya.

Namun begitu kata Yulce, pihaknya selalu memberikan informasi kepada warga jika saat ini telah ditetapkan Pemerintah bahwa sudah new normal dengan mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker dan menjaga jarak pada saat mendatangi Puskesmas.

“Di dalam buku (KIA) ada nomor telepon kami dan kemudian kami menginformasikan bahwa jika sudah New Normal  untuk datang dengan mematuhi protokol kesehatan, tetap memakai masker dan cuci tangan. Jika ada batuk dan pilek akan dilakukan scanning,” ujar Yulce.

Hal yang sama dikatakan Riliana selaku tim Imunisasi Puskesmas Pasar Sentral. Ia menjelaskan, pihaknya melakukan informasi melalui pesan singkat di group Whatsapp atau ke nomor handphone warga. “Biasanya progkes yang menginformasikan melalui pusling ke wilayah kerja kami, jadi setiap hari mereka turun untuk memberikan pemberitahuan bahwa ada pelayanan masyarakat di puskesmas setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Biasanya kami menghimbau masyarakat dengan menghubungi mereka melalui sosial media seperti whatsapp dan SMS memberitahukan kepada mereka untuk datang ke puskesmas guna melakukan imunisasi. (tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika