Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Paerong : Pembangunan SDM Penting, Bukan Hanya Infrastruktur Saja

Timika,TabukaNews.com - Politisi Fraksi Gabungan Mimika Bangkit DPRD Mimika Aloisius Paerong meminta pemerintah turut menggencarkan program bantuan pendidikan di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Dan juga program kesehatan. Hal ini sejalan dengan mendukung tercapainya Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika, yaitu mewujudkan Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera.

Kepada Tabukanews.com 7 Agustus, pria yang akrab disapa Luis itu mengungkapkan, masifnya program pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan di Mimika seharusnya tidak boleh meninggalkan atau mengabaikan program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) warga Mimika, khususnya bagi para pelajar yang adalah generasi penerus bangsa. Sebab masa depan daerah Mimika harus dipastikan dikelola oleh SDM yang mumpuni.

“Bukan hanya pembangunan infrastruktur saja yang dilaksanakan pemerintah, tapi juga pendidikan di Mimika. Orang tua banyak mengeluh biaya internet mahal. Begitupun fasilitas wifi di sekolah harus memadai, sehingga KBM secara daring ini bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya. 

Kendala di Mimika, seperti yang dijumpainya saat mendampingi anaknya belajar dari rumah, adalah tidak seluruh murid di kelas bersangkutan bisa hadir untuk menimba ilmu lewat KBM online itu. Sehingga ia menilai penting bagi pemerintah menambah bantuan pendidikan bagi orang tua siswa agar anak tidak terkendala ikut belajar. Demikian pula fasilitas wifi yang memadai di sekolah sehingga guru-guru tidak kesulitan dalam mentransferkan ilmu bagi anak-anak didik.

“Harusnya sekolah-sekolah di Timika kota dan sekitarnya dilengkapi dengan fasilitas wifi, menunjang keberhasilan belajar online ini. Paket internet juga mahal sehingga banyak anak-anak tidak ikut belajar daring karena fasilitas pendukung tidak terpenuhi. Kasihan anak-anak kita,” imbuhnya.

Bantuan itu bisa diatur OPD teknis untuk menentukan apakah berupa jaringan wifi atau paket kuota internet. Hal ini dinilainya bersentuhan langsung dengan kebutuhan terkini warga, sehingga sektor pendidikanpun bisa bangkit dan maju di tengah pandemi Covid-19 ini.

Luis meminta pemerintah melakukan program dengan skala prioritas bagi kepentingan rakyat. Tidak larut dalam program pembangunan fisik saja dan mengabaikan pembangunan SDM warga Mimika. Demikian pula dengan program ekonomi dan kesehatan yang sangat dibutuhan warga di tengah masa pandemi ini.

Luis Paerong yang juga sebagai Ketua Pansus DPRD Mimika itu menambahkan, sekolah yang berada di pegunungan Mimika seharusnya tetap dilakukan dengan tatap muka, lantaran masuk dalam zona hijau Covid-19. Ia menyoroti bila aktifitas sekolah di pegunungan yang merupakan daerah pemilihannya itu ditutup, dapat dipastikan KBM tidak mungkin dilakukan sebab belum terjangkau jaringan internet.

“Untuk sekolah-sekolah yang ada di pegunungan harusnya tetap dilakukan tatap muka karena tidak terkena dampak langsung pandemi Covid-19. Karena justru bila kegiatan di sekolah ditutup, maka pasti belajar lewat daring tidak akan mungkin bisa dilakukan,” tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika