Main Area

Main

Operasi Patuh, Lantas Polres Mimika Pelanggaran Kasat Mata

                        Kasat Lantas Polres Mimika AKP Indra Wibowo, S. IK/ foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Mimika melaksanakan Operasi Patuh Matoa 2018 yang dilaksanakan mulai dari tanggal, Kamis (26/4) hingga (9/5) mendatang secara serentak di seluruh Indonesia untuk menekan angka kecelakaan.

"Jadi operasi patuh itu dimulai dari tanggal 26 April sampai 9 Mei intinya ini merupakan kelanjutan dari operasi keselamatan kemarin itu lebih dikedepankan represifnya," kata Kasat Lantas Polres Mimika AKP Indra Wibowo, S. IK di Sentra Pelayanan Polres Mimika jalan Cendrawasih, Jumat (27/4).

Ia menjelaskan, operasi patuh matoa 2018 yang dilaksanakan berbeda dengan operasi sebelumnya yang lebih mengedepankan Prepen dan preemptif. Operasi tersebut lebih difokuskan pada penegakkan hukum alabila ditemukan pelanggaran secara kasat mata

"Kemarin itu formasinya itu preemptifnya 40%, Prepen 40% dan penegakkan hukum 20%, tapi untuk operasi patuh sekarang ini preemptifnya 25%, Prepen 25% dan penegakkan hukum 50% dan akan meningkat lagi pada operasi zebra," kata Indra.

Pelanggaran yang akan ditindak secara kasat mata meliputi 7 item diantaranya. Pengendara yang tidak menggunakan helm standar, pengendara roda 4 yang tidak gunakan safety belt, mengendara melebihi batas kecepatan, pengaruh miras, pengendara dibawa umur, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus.

Nantinya operasi patuh matoa tersebut akan melibatkan seluruh personel Lantas Polres Mimika, dan akan dibantu oleh Sat Sabhara Polres Mimika.

"Dalam TO nya berdasarkan 7 item yaitu pelanggaran kasat mata yang pertama, semua personel Sat Lantas Polres Mimika nanti akan dibacakan up oleh personel dari Sabhara," terangnya.

Dirinya berharap, operasi patuh matoa yang dilakukan bertujuan untuk memberikan informasi kepada warga akan pentingnya berkendara dengan aman, sehingga kedepan bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalin di Timika.

"Harapan saya yah Operasi yang dilakukan untuk menertibkan kota Timika dari pelanggaran kasat mata dulu nanti akan dilakukan secara bertahap," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika