Main Area

Main

OPD Jangan Ulur Waktu Pelaksanaan Program

Ketua Komisi B DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE saat memberikan keterangan kepada wartawan di depan kantor DPRD Mimika, Kamis (13/6)/ Foto : tim

TIMIKA,Tabukanews.com- Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Mimika, Yohanis Felix Helyanan,SE berharap agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak mengulur ulur waktu pelaksanaan program dan kegiatan yang ada di APBD kabupaten Mimika 2019.

"Dampak dari keterlamabatn pelaksanaan  program yang ada di OPD nantinya dirasakan oleh kontraktor yang menjalankan kegiatan  karena diburu dengan waktu sehingga bisa menjadi bermasalah baik terkait penyelesaian kegiatan maupun proses pembayaran proyek tersebut,"ungkap Yohanis Felix Helyanan di kantor DPRD Mimika, Kamis (13/6).

Ia mengajak semua pimpinan OPD berkaca dari pengalaman pengalaman sebelumnya karena terlambat pelelangan dan terlambat penunjukkan PPTK bisa berdampak pada kualitas sebuah proyek yang akan dilaksanakan.

"Apalagi saat ini semua kebutuhan bahan dan barang pasti lebih mahal dibanding tahun sebelumnya. Belum lagi kalau kebutuhan bahan atau barang yang akan digunakan yang harus dibeli dari luar sangat membebankan pihak kontraktor. Mereka nantinya yang disalahkan dan menjadi temuan, ini yang harus disadari oleh para pimpinan OPD. Segera laksanakan     kegiatan sehingga realisasi anggaran itu bisa terserap bagus dan dapat rampung sesuai tahun anggaran,"tuturnya.

Menurut Yohanis, biasa budaya kita selalu kejar kalau mau akhir tahun anggaran. Lalu waktu yang terbuang sejak Januari hingga Juni ini tidak dilakukan pelelangan sehingga kontraktor yang memenangkan tender itu bisa segera bekerja.

"Saya melihat seperti ada ketakutan kah dari pimpinan atau pejabat OPD karena isu rolling. Bupati kan  sudah tegaskan bahwa seluruh OPD segera jalankan program tapi anjuran itu tidak  dilaksanakan , sebenarnya ini ada apa?,"tanya Yohanis.

 Harapannya, seluruh pimpinan OPD untuk dapat menjalankan program yang ada pada instansinya, terutama OPD yang bertanggungjawab langsung pengerjaan infrastruktur yang menyangkut pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang. (tim) 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika