Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

OPD Diminta Tindaklanjuti Rekomendasi dari DPRD Mimika

Timika,TabukaNews com - Pimpinan DPRD Mimika meminta eksekutif melalui para OPD di lingkup Pemkab Mimika untuk segera menindaklanjuti catatan, saran dan rekomendasi dari DPRD Mimika dalam rangka menjawab tuntutan perubahan dan kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien.

Dalam pidatonya Wakil Ketua 1 DPRD Mimika Aleks Tsenawatme di Paripurna akhir mengungkapkan pelaporan pertanggungjawaban kepala daerah itu merupakan ajang untuk evaluasi kinerja pemerintah, sehingga bisa terus disempurnakan dan diperbaiki dengan tujuan utama kesejahteraan rakyat Mimika.

Selain itu dalam menjalankan perencanaan program pembangunan, pemerintah diminta untuk tidak berkutat pada paradigma lama, tapi beralih ke paradigma baru.

Mengacu pada tata kelola pemerintahan terbaru, penyusunan program pemerintah tidak lagi berfokus pada output saja tapi juga outcome dan income atau penghasilan. Yakni penganggaran yang efisien dan efektif berfokus pada fungsi dan program. Money follow function dan money follow programme. Tidak sekedar melanjutkan program, namun lebih berorientasi pada manfaat program bagi kesejahteraan rakyat.

DPRD Mimika berharap OPD  semakin giat berkarya dengan program yang lebih melibatkan masyarakat, sehingga diharapkan dapat menggerakkan laju pertumbuhan ekonomi yang lebih luas atau ekspansif, di Kabupaten Mimika.

Aleks Tsenawatme Wakil Ketua DPRD Mimika asal partai Nasdem itu mewakili Lembaga Legislatif Mimika mendorong terciptanya sinergi dan keharmonisan yang lebih lagi, dalam kerja bersama antara Pemkab Mimika dan DPRD Mimika sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan daerah. Sebagai mitra sejajar memikirkan persoalan daerah dan mencari solusinya demi kepentingan rakyat.

Selanjutnya, DPRD Mimika juga mengingatkan pemerintah untuk semakin bersiap, mengingat penyelenggaraan PON XX Papua semakin mendekat, disusul dengan Pesparawi 13 se-Tanah Papua. Selain itu, Pemkab Mimika juga diminta untuk memberi perhatian pada suksesnya Konferensi Sinode ke-3 Gereja Kingmi di Tanah Papua yang digelar di Kabupaten Mimika pada 26 sampai 30 Juli.

Terakhir, berkaitan dengan program vaksinasi Covid-19, DPRD Mimika menyatakan dukungan penuhnya. Namun program vaksinasi Covid-19 itu diminta tidak menjadi program paksaan. Melainkan mengedepankan asas peri kemanusiaan demi kemaslahatan bangsa dan negara.

Tak lupa DPRD Mimika, kata Aleks tsenawatme, memberi apresiasi atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI serta turut memberi apresiasi atas LKPJ 2020 Bupati Mimika yang dinilai telah memberi gambaran yang jelas dan koprehensif tentang berbagai implementasi kebijakan pemerintah dan hasilnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika