Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Omtob Optimis Menangkan Sidang Sengketa Pilkada

TimikaTabukanews.com - Dalam Musyawarah sidang sengketa Pilkada Mimika tahun 2018 yang sudah sampai pada tahap kesimpulan yang digelar selama beberapa hari di Sekretariat Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)  pada Kamis (1/3) ,Paslon Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob) optimis  memenangkan sengketa Pilkada.

Omtob sangat yakin kalau nantinya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sebagai Pasangan calon untuk mengikuti Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2018 di bulan Juni mendatang .

Omtob merasa optimis karena alat bukti dan saksi-saksi yang dihadirkan sangat menguatkan jika dugaan ijasah yang bermasalah milik bakal calon Bupati Eltinus Omaleng memang benar-benar asli dan tidak bermasalah. Selain itu pihak termohon yaitu KPU Mimika tidak bisa membuktikan dan menghadirkan saksi yang menguatkan dugaan tersebut.

Sementara terkait isi kesimpulan yang diserahkan oleh pimpinan sidang, Tim Hukum Omtob Marvey Dangeubun saat ditemui usai sidang mengatakan, bahwa pihaknya menyimpulkan pihaknya bisa membuktikan bahwa sesuai kalau  dengan keterangan saksi yang dihadirkan sangat menguatkan. Menurutnya bukti-bukti yang dihadirkan sesuai dengan perturan yang telah ditetapkan.

"Kesimpulan kami selama proses persidangan berlangsung  kita bisa membuktikan  bahwa ijasah SMP yang dipersoalkan oleh KPU yang menjadi dasar KPU untuk menyatakan Omton tidak memenuhi syarat  itu ternyata ijasah yang sah, asli dan tidak bermasalah. Sesuai peraturan KPU  nomor  3 tahun 2017 pasal 50 menjelaskan jika sekolah tersebut memang sudah bubar maka Dinas pendidikan kota yang bersangkutan berhak mengeluarkan surat keterangan dan sudah kami ajukan sebagai bukti tertulis,'tutur Marvey.

Sementara itu Johannes Rettob SSos MSi yang maju mendampingi Eltinus Omaleng SE. MH merasa kecewa dengan penundaan tersebut. Sebab dengan diulur-ulur waktu membuat terjadinya perbedaan persepsi, sehingga keputusan yang dijadwalkan bisa tertunda hingga lewat batas waktu. Mengingat pihaknya terbentur masalah waktu.

"Sebenarnya bagi kami masalah tanggal itu tidak jadi soal, asal jangan sampai karena perbedaan persepsi ini akhirnya keputusan yang persoalan waktu akhirnya tidak jadi," kata John Rettob ketika ditemui usai sidang musyawarah di sekretariat Gakumdu, Kamis (1/3).

Ia menilai, pihak majelis musyawarah bisa memutuskan langsung terkait dengan sengketa Pilkada dengan pemohon Omtob. Andai saja keputusan yang memberatkan Omtob pastinya akan ditindaklanjuti ke PT TUN dan akan membutuhkan waktu beberapa minggu kedepan.

"Kalau memang ini keputusan bisa diputuskan langsung di Panwaslu. Inikan persoalan waktu dan tahapan Pilkadakan jalan terus," katanya.

Sementara itu terkait keputusan Majelis musyawarah,kata John dirinya optimis keputusan pada hari Senin mendatang sangat menguntungkan dirinya sesuai dengan saksi dan alat bukti yang diajukan pada saat persidangan.(tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika