Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Omtob Laporkan KPU Mimika ke Panwaslu

TIMIKA, TABUKANews.com - Tim Hukum Eltinus Omaleng - Johanes Rettob (Omtob) mendatangi Panwaslu Kabupaten Mimika guna melaporkan gugatan pelanggaran    atas keputusan KPU Mimika Nomor 05/HK.03.1-Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 yang ditetapkan di Hotel Grand Alison Sentani, Jayapura, Minggu (18/2).

Kedatangan Tim Hukum Omtob, Senin (19/2) didampingi lansung bakal calon wakil Johanes Rettob dan Ketua PDIP Kabupaten Mimika Johanes Felix Helyanan. Mereka diterima Ketua Panwaslu Joni L Agapa didampingi beberapa stafnya.

"Kami datang melaporkan hal ini karena kami merasa dikriminalisasi oleh KPU dan penetapan yang mereka lakukan tidak memenuhi prosedural hukum. Penetapan kemarin, panwas juga hadir dan melihat semua itu," ujar Johanes Rettob.

Ketua Panwaslu Joni L Agapa menerima permohonan gugatan Omtob. Ia juga menjelaskan mekanisme pelaporan gugatan ke panwaslu.

"Saya menerima laporan ini karena ini merupakan tugas dan tanggungjawab kami dan akan memprosesnya. Kami komisioner ada tiga orang, saat ini satu masih di Jayapura, satunya sedang di Gakumdu. Namun secara mekanisme, laporan ini sudah kami terima," jelasnya.

Setelah berkoordinasi, Tim Hukum Omtob diminta untuk melakukan pengisian Psp-1 yang dilampirkan bersama bukti-bukti, berita acara, Sk dan kemudian dibuat tujuh rangkap disertai dua copian soft file. 

"Ini mekanisme sengketa sesuai alur di panwaslu. Setelah tim Omtob mengisinya, malam ini kembalikan ke kami dan kami akan keluarkan fom Psp-2 sebagai bukti tanda terima. Tapi secara laporan malam ini kami sudah terima, hanya kelengkapanya saja yang diperbaiki. Kami juga sudah terima laporan dari  tim Philbas dan kami masih menunggu tim Marius," ungkapnya.

Tim Hukum Omtob yang mendatangi Kantor Panwaslu Mimika yakni Ketua Marvey Dangeubun SH, Hamsel Serat SH, Daud Bunga SH dan Iwan Anwar SH. Kedatangan tim didampingi juga simpatisan dan pendukung Omtob.

Ketua Tim Marvey Dangeubun mengatakan pihaknya akan melakukan pengisian fom Psp-1 dan malam ini juga akan diserahkan kembali ke panwaslu.

"Fom ini akan kita isi dan malam ini akan kita kembalikan. Ini adminitrasi kelengkapan yang harus kita isi. Namun secara pelaporan, panwaslu sudah menerima laporan kita," ujarnya. (nal/dzy/tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika