Main Area

pesparawi xiii

Main

OmTob dan Mariyus Resmi Ikut Pilkada Mimika

Calon Bupati Eltinus Omaleng-Johannes Retton (OmTob) saat mencabut Nomor 6 dalam pleno pencabutan nomor urut di Jayapura/ Foto : Dok Tabukanews.com

JAYAPURA, TABUKANews.com -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) propinsi Papua menggelar rapat pleno terbuka pencabutan nomor urut lanjutan paska putusan PT TUN pada pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Mimika tahun 2018.

Dalam sidang pleno ini dihadiri  Adam Arisoi SE, Beatrik Wanane S.IP, MM, Tarwinto SPd, Ir Sombuk Musa Yosep, M.Si dan pasangan calon Maria Kotorok-Yustus Suwae (Mariyus) serta Eltinus Omaleng - Johanes Rettob (OmTob)

Adam Arisoy saat memimpin persidangan mengatakan bahwa kegiatan sidang pleno pencabutan nomor urut lanjutan ini merupakan harus dilaksanakan sesuai dengan putusan PT TUN. "Sidang pleno ini adalah amanah yang harus dilaksanakan sesuai putusan PT TUN di Makasar pada bulan Maret lalu," ujar Adam Arisoi.

Sidang pleno ini sempat di skors sebanyak dua kali. Skors pertama dilakukan karena panwas kabupaten Mimika tidak atau belum hadir, sementara skors kedua dilakukan untuk memperbaiki SK penetapan paslon yang dinilai kurang tepat. Setelah di skors kurang lebih 5  jam, sidang pleno dilanjutkan pukul 18.30 WIT.

Adam Arisoi lebih lanjut mengatakan bahwa saat ini waktu sangat sempit. "Kami berpacu dengan waktu yang ditentukan oleh DKPP. Dan puji Tuhan proses ini berlangsung dengan lancar," ujar Adam Arisoi.

Pengambilan nomor urut diawali dengan mengambil undian pengambilan oleh masing masing wakil dari paslon. Paslon OmTob yang memilih pertama kali akhirnya mendapat nomor urut 6 dan pasangan Mariyus mendapat nomor urut 5.

Usai pengambilan nomor urut, paslon Maria Kotorok-Yustus Suwae menyampaikan terimakasih kepada KPU propinsi Papua yang sudah cepat dan tanggap melaksanakan moment ini.

"Sesudah ada putusan PT TUN tanggal 27 Maret proses ini tidak berjalan sehingga ini sudah menghambat kami.  Namun setelah hal yang dilakukan oleh KPU propinsi kami menyampaikan terimakasih karena kami sudah bisa terlibat dalam tahapan pemilukada," ujar Maria Tokorok..

Maria berharap kedepan proses ini tidak terkendala lagi sehingga nanti semua berjalan sesuai mekanisne yang ada.

"Kami siap untuk mengikuti acara demokrasi serentak se Indonesia khususnya di kabupaten Mimika," ujar Maria.

Sementara itu Eltinus Omaleng Juga menyampaikan   terimakasih kepada KPU Papua. "Setelah menunggu lama dengan semua yang sudah kami lewati dan waktu yang tinggal berapa hari ke dapan , kami dengan paslon Marius harus segera mengambil langkah mengejar ketertinggalan," ujar Eltinus Omaleng

Pernyataan ini kembali ditegaskan oleh Jhon Rettob, yang menyatakan agar tahapan selanjutnya bisa dilaksanakan sesuai jadwal.  "Saya berharap tahapan kampanye yang tinggal satu bulan ini agar prosesnya bisa berlangsung dengan baik. Dan tidak terjadi kendala kendala lagi," ujar Jhon Rettob

Pada kesempatan ini Panwas Mimika, Johanes Wato memberikan apresiasi atas terlaksananya penarikan nomor lanjutan ini. "Kami berharap pesta demikrasi ini bisa berjalan dengan baik.

Proses yang sudah berjalan semoga nantinya bisa berjalan sesuai dengan undang undang yang berlaku," ujar Wato.

Sementara itu revisi jadwal kampanye akan dilaksanakan Rabu (25/4) oleh KPU propinsi Papua bersama sama dengan tim sukses masing masing paslon. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika