Main Area

pesparawi xiii

Main

Nyaris Tenggelam, 42 ABK Kapal Nelayan Diselamatkan Papua Star 105

Nyaris Tenggelam, 42 ABK Kapal Nelayan Diselamatkan Papua Star 105 /Foto : Istimewa

 

TIMIKA,TabukaNews.com -  Armada Papua Star yang merupakan salah satu Agen Ekspedisi Transportasi laut dan sungai, kembali menjadi penyelamat untuk 42 Anak Buah Kapal (ABK) KM. Remo Wijaya Sakti 02 (Juana) di Perairan Puriri, Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika, Papua Senin (10/20/20).

Aksi heroik yang dilakukan oleh crew Papua Star 105 yang dipimpin langsung oleh pemilik Papua Star  Semi Warinusy bersama istri dan beberapa crewnya di perairan Puriri sekitar pukul 04.00 WIT dinihari tadi dengan kondisi cuaca dan ombak yang sangat ganas berhasil menolong dan mengevakuasi 32 ABK dari 43 jumlah keseluruhan ABK  ke Dermaga Polisi Perairan di PPI Poumako.

Semy Warinussy melalui sambungan telepon selulernya , Senin (10/2) menceritakan kronologis peristiwa kapal nelayan naas tersebut ketika dirinya hendak mengantar tim pelayanan dari Keuskupan Timika dari Pelabuhan Netradock Kampung Amamapare sekitar pukul 04.00 WIT untuk melakukan pelayanan di beberapa kampung di pesisir.

Ia menambahkan, karena ombak begitu besar sehingga rencana untuk mengantar pelayanan dari Keusukupan tersebut akhirnya dibatalkan dan kembali ke Amampare, namun dalam perjalanan balik dirinya melihat sebuah kapal yang terombang ambing dan terdampar di muara Puriri. 

Setelah mengantar para pelayan dari Keusukupan, dirinya memutuskan untuk kembali ke Poumako mengambil speeadboad Papua Star 105 yang ukuran kecil agar bisa dengan mudah membantu pala ABK tersebut.

Setibanya di perairan Puriri sekitar pukul 06.00 WIT, Semy dengan crewnya menolong para ABK yang sudah berada di anjungan kapal yang sudah nyaris tenggelam, berhasil mengevakuasi beberapa ABK ke kapal nelayan yang kecil yang kebetulan ada di lokasi.

“Saya menolong 32 ABK untuk naik ke Papua Star 105, sementara sisanya naik ke kapal nelayan lokal yang kebetulan lewat di lokasi. Walaupun medan begitu berbahaya dengan ombak yang sangat ganas kami crew Papua Star 105 berhasil menolong 32 ABK dan kami serahkan ke Polairud di PPI Poumako dengan selamat,” pungkas Semy.

Proses evakuasi dan menolong ABK KM. Remo Wijaya Sakti 02 di perairan Puriri oleh Papua Star 105 sempat viral di Facebook yang diposting dengan Akun Semy ini mendapatkan apresiasi dan pujian dari warga di dunia maya.

Tak sedikit warga yang mengkomentari postingan  Video dengan durasi beberapa menit serta foto foto proses penyelamatan. Sebagian pengguna medsos Facebook menyampaikan terima kasih serta mendoakan agar pemilik Papua Star mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Aksi crew Papua Star terhadap KM Remo Wijaya Sakti 02 (Juana) ini bukan kali pertama dan masih teringat beberapa bulan lalu Papua Star menyelamatkan beberapa ABK Nelayan kapal kecil di lokasi yang sama.

Informasi yang diperoleh dilapangan menyebutkan, bahwa pada pukul 08.00 WIT sudah berada di mako Polairud Poumako dan selanjutnya dikembalikan kepada perusahaan dimana mereka bekerja. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika