Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Musrenbang Kabupaten Diutamakan Pelaksaan PON dan Kebutuhan Masyarakat


Tokoh masyarakat Amungme Yopi Kilangin/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Salah satu Tokoh masyarakat Amungme Yopi Kilangin mengungkapkan, kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten yang telah dilaksanakan hari ini harus melibatkan perwakilan Pemerintah.

Karena diketahui saat ini program yang diusulkan akan difokuskan pada pelaksaannya Pekan Olahraga dan (PON) XX tahun 2020, namun pemerintah juga harus melihat kebutuhan mendasar yang dibutuhkan masyarakat di kampung.

"Musrenbang ini ada berhubungan dengan masayarakat langsung ada yang event naional yang akan dilaksanakan di Mimika," kata Yopi ketika ditemui usai menghadiri pelaksaan Konferda di gedung Bobaigo, Kamis (4/4).

Ia menjelaskan, Kabupaten Mimika merupakan salah satu daerah penyelenggaraan PON, sehingga semua fasilitas perlu disiap dari semua sisi, baik ketersediaan venue, penginapan, pasokan kelistrikan, pasokan air bersih dan kebersihan kota. Hal tersebut yang perlu dipersiapkan.

"Mimika bisa jadi tuan rumah yang baik bukan hanya dengan memperhatikan fasilitas-fasilitas umum yang tersedia, tetapi ketersediaan Air bersih, pasokan listrik dan sebagainya," jelasnya.

Menurutnya, kenapa perlu diperhatikan masalah pasokan listrik, karena saat ini terjadi pemadaman listrik dalam kurun waktu dua minggu lebih karena ada beberapa mesin yang mengalami kerusakan sehingga terjadi pemadaman bergilir. Tentunya kalau tidak dibenahi dari saat ini maka akan berakibat fatal pada saat pelaksanaan PON.

"Banyak masyarakat saat ini yang mengeluh karena sudah keterlaluan listrik padam dan mereka di bagi giliran menyala," terangnya.

Tidak hanya masalah PON yang harus diperhatikan, tapi bagaimana pelaksaan Musrenbang bisa menjawab kebutuhan masyarakat seperti akses transportasi dan jalan untuk wilayah pegunungan daj pesisir.

"Pemerintah harus memperhatikan jalan ke desa-desa itu harus dengan baik, karena akses jalan ini lebih penting dan itu harus di utamakan oleh pemerintah baik di gunung maupun ke pantai," ungkapnya.

Oleh sebabnya perlu keterlibatan masyarakat dalam kegiatan Musrenbang sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa disampaikan kepada OPD terkait untuk di angkat dan di programkan untuk tahun anggaran 2020.

"Musrembang hubungan pertama dengan kegiatan seperti ini, bagai mana pemerintah bisa memutuskan program melibatkan masyarakat supaya kami (masyarakat) bisa melakukan," harapnya. (Jrl/Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika