Musrenbang Ditutup, APBD Mimika Tahun 2023 Diproyeksikan 5,3 Triliun

Musrenbang Ditutup, APBD Mimika Tahun 2023 Diproyeksikan 5,3 Triliun

Timika,TabukaNews.com

Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten Mimika Tahun  2023 resmi ditutup dan menghasilkan serta merumuskan 2.953 program, kegiatan dan sub kegiatan.

Dengan jumlah tersebut maka Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mimika tahun 2023 mendatang diproyeksi sebesar Rp.5,3 triliun.

Rumusan kegiatan dan program ini setelah melalui tahapan Musrenbang tingkat distrik, Forum Perangkat Daerah dan terakhir Musrenbang RKPD.

Musrenbang RKPD ini telah berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (6-8/4). Tema yang diangkat "Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar Dalam Meningkatkan Produktivitas Perekonomian Yang Berkelanjutan di Kabupaten Mimika".

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yulianus Sasarari menutupi  rangkaian Musrenbang ditandai penandatanganan berita acara dan pemukulan tifa.

Selain Asisten I, berita acara ini juga ditanda tangan oleh Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng, Sekretaris Bappeda Hilar Limbong Allo, perwakilan OPD dan perwakilan masyarakat.

Sekretaris Bappeda Hilar Limbong Allo dalam laporannya menyampaikan, Adapun jumlah program yang dihasilkan dalam pembahasan dalam musrembang tahun ini yaitu 243 program, jumlah kegiatan sebanyak 717 kegiatan dan jumlah sub kegiatan sebanyak 2002 sub kegiatan dengan total pagu yang dihasilkan sebesar Rp. 5.317.514.594.690.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yulianus Sasarari dalam sambutannya mengapresiasi OPD yang telah melakukan pembahasan dengan diskusi intens, alot dan intensif.

Hal ini dapat dipahami sebab persoalan pokok dalam menghadapi sebuah perencanaan pembangunan adalah terletak pada proses menentukan pilihan program kegiatan dan sub kegiatan yang prioritas.

Dikatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika telah mengambil langkah strategis yakni dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk tahun anggaran 2023 dan semua itu telah melalui tahapan dan mekanisme yang telah digariskan dalam undang-undang nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan dalam peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan tata cara penyusunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah melalui proses perencanaan yang menggunakan aplikasi SIPD seperti yang diamanatkan oleh Permendagri Nomor 70 tahun 2019.

"Perencanaan sudah melalui tahapan dari bawah yaitu musrenbang distrik, forum perangkat daerah dan selanjutnya musrenbang kabupaten. Saya berharap program kegiatan dan sub kegiatan yang telah disepakati merupakan kebutuhan pembangunan yang akan dikelola oleh OPD," ungkapnya.

Oleh karena itu, tambah Yulianus menjadi catatan Kepala Bappeda dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Mimika untuk secara koordinatif melakukan penyempurnaan dan penajaman terutama target indikator, kinerja dan program kegiatan yang diusulkan harus sinkron dengan indikator yang tertuang dalam RPJMD dan Renstra OPD agar dapat menghasilkan dokumen rencana kerja pemerintah daerah tahun anggaran 2023 yang aspiratif dan representative.

Adapun Musrenbang menyepakati sebanyak 243 program, 717 kegiatan, 2.002 sub kegiatan dengan total pagu Rp 5.317.514.594.690. (**)





Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata